Penulis / NIM
INDRA ANUGRAH HALID / 811413105
Program Studi
S1 - KESEHATAN MASYARAKAT
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RENI HIOLA, Dra., M.Kes / 0024035404
Pembimbing 2 / NIDN
LIA AMALIA, S.KM, M.Kes / 0029117909
Abstrak
ABSTRAK
Indra Anugrah Halid. 2018. Persepsi Tenaga Kerja Tentang Penerapan
Sistem Manajemen Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) Di RSUD Aloei
Saboe Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Kesehatan Masyarakat, Fakultas
Olahraga Dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I DR.
Reni Hiola Dra, M.Kes., Pembimbing II Lia Amalia S.KM., M.Kes.
Sistem manajemen K3 merupakan suatu proses kegiatan yang dimulai dari
tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengendalian dan evaluasi yang
bertujuan untuk membudayakan K3 khususnya di Rumah Sakit, tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi tenaga kerja tentang
penerapan system manajemen K3 di RSUD Aloei Saboe Kota Gorontalo.
Jenis penelitian ini adalah studi kasus, untuk mengetahui bagaimana persepsi
tenaga kerja tentang penerapan sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja
(K3) dengan indikator yang diteliti yaitu pelaksanaan dan monitoring yang meliputi
penyuluhan K3, pelatihan K3, pemeriksaan kesehatan petugas, penyediaan alat
pelindung diri, pedoman pencegahan dan penanggulangan darurat,pencatatan dan
pelaporan Kecelakaan akibat kerja (KAK),
Hasil penelitian informan kunci memberikan persepsi yang berbeda-beda
terkait dengan 6 indikator yang diteliti. Dari 6 indikator yang diteliti 3 diantaranya
tidak maksimal. Yaitu penyuluhan K3, pelatihan K3, dan penyediaan Alat
pelindung diri (APD). Sedangkan 3 indikator yang sudah baik diantaranya
pemeriksaan kesehatan petugas, pedoman pencegahan dan penanggulangan
darurat, dan sistem pencatatan dan pelaporan K3. Jadi secara keseluruhan tenaga
kerja yang bekerja di RSUD Aloei Saboe memberikan persepsi perlu ditingkatkan
program dari penerapan sistem manajemen K3. Diharapkan agar pihak manajemen
perlu untuk meningkatkan perhatian terhadap penerapan system manajemen K3
agar kejadian kecelakaan kerja dapat diminimalisir atau mencipatakan lingkungan
kerja yang zero accident.
Kata Kunci : Persepsi, Tenaga kerja, K3
Abstract
Halid, Indra Anugrah. 2018. Employees' Perception about the Implementation of Health and Safety Management System (K3) at Public Hospital RSUD Aloei Saboe, Gorontalo City. Undergraduate Thesis. Department of Public Health, Faculty of Sports And Health, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: DR. Reni Hiola Dra, M.Kes. Co-supervisor: Lia Amalia S.KM., M.Kes.
Health and Safety (K3) Management System is a process of activities started by planning, organizing, implementing, controlling and evaluation phases that aim to develop K3 especially in Hospital. Moreover, the purpose of this research is to identify the perception of employees about the implementation of K3 management system at Public Hospital RSUD Aloei Saboe, Gorontalo City.
The type of this research is a case study with understudy indicators, i.e., implementation and monitoring covering K3 education, K3 training, medical examination of officers, provision of personal protective equipment, prevention, and emergency response, recording and reporting Work Accident (KAK).
Key informant results provide different perceptions related to the 6 indicators studied. 3 of 6 indicators examined are not optimal, namely counseling K3, training K3, and provision of Personal protective equipment (APD). Meanwhile, the rest good 3 indicators include medical examination of officers, prevention and emergency response, as well as recording and reporting. Therefore, as whole employees that work at Public Hospital RSUD Aloei Saboe perceive that the implementation of K3 management system needs to be enhanced. It is expected that the management should increase the awareness of the implementation of K3 management system so that the occurrence of work accidents can be minimized or creates a zero accident working environment indeed.
Keywords: Perception, Employees, K3
Download berkas