Penulis / NIM
DELAFIKA ISMAIL / 811414001
Program Studi
S1 - KESEHATAN MASYARAKAT
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RAMA HIOLA, Dra.,M.Kes / 0024035403
Pembimbing 2 / NIDN
SIRAJUDDIEN BIALANGI, SKM, M.Kes / 0017117413
Abstrak
ABSTRAK
Delafika Ismail, 811414001 Studi Komparatif Metode Ceramah, Pemutaran Film dan Buku Bacaan Tentang HIV/AIDS Terhadap Pengetahuan Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Satap 4 Dungaliyo. Skripsi Jurusan Kesehatan Masyarakat, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo Pembimbing I Dr. Hj Rama Hiola, Dra.,M.Kes dan Pembimbing II Sirajuddien Bialangi SKM M.Kes.
Penyuluhan kesehatan merupakan bagian dari program kesehatan, sehingga harus mengacu pada program kesehatan yang sedang berjalan. Rumusan masalah adalah Apakah ada perbedaan pengetahuan tentang HIV/AIDS melalui metode ceramah, pemutaran Film, dan buku bacaan pada siswa kelas VIII. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan tentang HIV/AIDS melalui ceramah, pemutaran Film, dan Buku bacaan.
Penelitian menggunakan jenis penelitian Quasi eksperimen. Menggunakan teknik pretest dan postest, sampel menggunkan Purposive sampling berjumlah 30 orang. Keseleruhan sampel ini akan diberikan perlakuan penyuluhan dengan ceramah, pemutaran film, dan buku bacaan.
Hasil penelitian menunjukan ada perbedaan pengetahuan setelah diberikan intervensi ceramah (Pvalue = 0.000). Ada perbedaan pengetahuan setelah diberikan intervensi Film (Pvalue =0,010). Ada perbedaan pengetahuan setelah diberikan intervensi buku bacaan, namun tidak signifikan (Pvalue = 0.126). Disimpulkan bahwa metode penyuluhan yang memberikan pengaruh lebih besar terhadap pengetahuan yaitu dengan metode pemutaran Film. Disarankan kepada siswa dapat menambah pengetahuan tentang HIV/AIDS serta pihak sekolah dapat bekerja sama dengan tenaga kesehatan terkait untuk memberikan penyuluhan kesehatan.
Kata Kunci : Ceramah, Film, Buku, Pengetahuan HIV
Download berkas