SKRIPSI

Penulis / NIM
AGUS POMALINGO / 811414003
Program Studi
S1 - KESEHATAN MASYARAKAT
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SUNARTO KADIR, M.Kes / 0018096605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SYLVA FLORA NINTA TARIGAN, SH, M.Kes / 0023038203
Abstrak
Abstrak Agus Pomalingo.2018. Hubungan Pola Makan dan Status Gizi dengan Perkembangan Kognitif Anak Sekolah Dasar. Skripsi, Pembimbing I Dr. Sunarto Kadir, Drs., M.Kes dan Pembimbing II Dr. Sylfa Flora Ninta Tarigan, SH, M.Kes. Jurusan Kesehatan Masyarakat Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Kebutuhan gizi adalah hal yang paling utama yang harus dipenuhi oleh setiap manusia, terutama kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Khususnya kebutuhan gizi pada anak sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Salah satu faktor yang mempengaruhi status gizi yaitu adanya ketidakseimbangan antar asupan dan keluaran energi yang mengakibatkan tubuh mudah terserang penyakit. Gizi yang didapat melalui pola makan yang sehat akan berpengaruh positif terhadap kesehatan serta tumbuh kembang anak. Rumusan masalah pada penelitian ini Apakah ada hubungan pola makan dan status gizi dengan perkembangan kognitif anak Sekolah Dasar Negeri 19 Telaga Biru. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan pola makan dan staus gizi dengan perkembangan kognitif anak di Sekolah Dasar Negeri 19 Telaga Biru. Jenis penelitian ini adalah survey analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Sampel sebanyak 44 siswa dilakukan dengan tekhnik Purposive Sampling. Analisis data yang digunakan yaitu Chi Square. Hasil penelitian menujukan ada hubungna antara waktu makan (p-value 0,017), frekuensi makan (p-value 0,031), jenis menu(p-value 0,024), dan status gizi (p-value 0,001) dengan perkembangan kognitif anak di Sekolah Dasar Negeri 19 Telaga Biru. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi informasi bagi orang tua dan guru dalam memberikan makanan dan pengajaran terhadap anak sekolah agar selalu membiasakan anak untuk mengkonsumsi makanan beragam yang memiliki nilai gizi yang baik. Kata kunci : Pola makan, status gizi, perkembangan,kognitif anak. Agus Pomalingo.2018. Relationship between Diet and Nutritional Status with Cognitive Development of Primary School Children. Thesis, Advisor I Dr. Sunarto Kadir, Drs., M.Kes and Advisor II Dr. Sylfa Flora Ninta Tarigan, SH, M.Kes. Department of Public Health, Faculty of Sports and Health, Gorontalo State University. Nutritional needs are the most important thing that must be met by every human being, especially the nutritional needs needed by the body. Especially the nutritional needs of children are very important for their growth and development. One of the factors that affect nutritional status is an imbalance between energy intake and output which makes the body susceptible to disease. Nutrition obtained through a healthy diet will have a positive effect on children's health and development. The formulation of the problem in this study is there a relationship between diet and nutritional status with cognitive development of children at 19 Telaga Biru Elementary Schools. The research objective was to determine the relationship between diet and nutritional status with cognitive development of children in 19 Telaga Biru Elementary Schools. This type of research is an analytic survey with a cross sectional approach. A sample of 44 students was carried out with a total sampling technique. The data analysis used is Chi Square. The results showed a relationship between meal time (p-value 0.017), meal frequency (p-value 0.031), type of menu (p-value 0.024), and nutritional status (p-value 0.001) with cognitive development of children in public elementary schools. 19 Blue Lake. It is hoped that the results of this study can provide information for parents and teachers in providing food and teaching school children so that they always get children used to consuming various foods that have good nutritional value. Keywords: diet, nutritional status, development, children's cognitive
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011