SKRIPSI

Penulis / NIM
WIRANDA TAMBIPI / 811416005
Program Studi
S1 - KESEHATAN MASYARAKAT
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SUNARTO KADIR, M.Kes / 0018096605
Pembimbing 2 / NIDN
NUR AYINI S. LALU, SKM., M.Kes / 0007039001
Abstrak
Wiranda Tambipi, 811416005. 2020. Hubungan Keterpaparan Media/Iklan dan Pendapatan Orang Tua dengan Perilaku Mengkonsumsi Buah dan Sayur pada Siswa di SDN No. 33 Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi. Pembimbing I Dr. Sunarto Kadir, Drs., M.Kes dan Pembimbing II Nur Ayini S. Lalu, S.KM., M.Kes. Jurusan Kesehatan Masyarakat, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi perilaku mengkonsumsi buah dan sayur pada Penduduk Indonesia yang berusia 10 tahun ke atas, diantaranya yaitu keterpaparan media/iklan dan pendapatan orang tua. Rumusan masalah apakah ada hubungan antara keterpaparan media/iklan dan pendapatan orang tua dengan perilaku mengkonsumsi buah dan sayur pada siswa di SDN No. 33 Kota Selatan Kota Gorontalo. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan keterpaparan media/iklan dan pendapatan orang tua dengan perilaku mengkonsumsi buah dan sayur pada siswa di SDN No. 33 Kota Selatan Kota Gorontalo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan Cross sectional. Populasi adalah 140 orang siswa dan siswi yang menempuh pendidikan disekolah di SDN No.33 Kota Selatan Kota Gorontalo dan teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah Total Sampling. Total Sampling merupakan jumlah populasi sama dengan jumlah sampel. Analisis data menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat menggunakan uji Chi-square. Hasil analisis Chi-square antara keterpaparan media/iklan dengan perilaku mengkonsumsi buah dan sayur diperoleh nilai p value 0,000 < ���± 0,05. Hasil analisis Chi-square antara pendapatan orang tua dengan perilaku mengkonsumsi buah dan sayur diperoleh nilai p value 0,000 < ���± 0,05. Simpulan terdapat hubungan keterpaparan media/iklan dan antara pendapatan orang tua dengan perilaku mengkonsumsi buah dan sayur. Disarankan untuk orang tua berperan dalam memberikan makanan yang sehat dan bergizi terutama buah-buahan dan sayuran. Untuk sekolah lebih memperhatikan siswa agar media/iklan mengenai buah dan sayur bisa meningkatkan keiinginan mengkonsumsi buah dan sayur. Kata kunci : Keterpaparan media/iklan, pendapatan, perilaku mengkonsumsi Wiranda Tambipi, 811516005. 2020. The Correlation Between Media/Advertisements Exposure and Parents������ Income With Fruits and Vegetables Consumption Behavior at Students of Sdn 33 Kota Selatan, Gorontalo City. Skripsi. The Principal Supervisor is Dr. Sunarto Kadir, Drs., M.Kes, and the Co-supervisor is Nur Ayini S. Lalu, S.Km., M.Kes. Department of Pubic Health, Faculty of Sprots and Health, State University of Gorontalo. Many factors can affect fruits and vegetables consumption behavior among Indonesia residents aged 10 years and above, such as media/advertisements exposure and parents������ income. The research problem is whether or not there is a correlation between media/advertisements exposure and parents������ income with fruits and vegetables comsumption behavior at students of SDN 33 Kota Selatan, Gorontalo city. Therefore, the research aims to determine the correlation between media/advertisements exposure and parents������ income with fruits and vegetables comsumption behavior at students of SDN 33 Kota Selatan, Gorontalo city. This is quantitative research with a cross-sectional approach. The research population is 140 student who are studying at SDN 33 Kota Selatan, Gorontalo City, while the sampling technique of this research employs total sampling. Total sampling mean the whole population is taken as the research samples. Moreover, data analysis applies univariate and bivariate analysis by using the Chi-Square test. The result of Chi-Square analysis between media/advertisements exposure and fruits and vegetables consumption behavior abtains, the p-value was 0,000 lower than ���± 0.05. While the result of Chi-Square analysis regarding the correlation between parents������ income with fruits and vegetables consumption behavior obtains, the p-value was 0,000 lower than ���± 0.05. In Conclusion, there is a correlation between media/ advertisements exposure and parents������ income with fruits and vegetables comsumption behavior. It is recommended for the parents������ to heve a role in providing healthy and nutritious food particularly fruits and vegetables. For school, it is suggested to pay more attention to students so that media/ advertisements about fruits and vegetables can increase their desire to consume fruits and vegetables. Keyword: Media/advertisements, income, consumption behavior
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011