Penulis / NIM
SRI ZULNIAWATI HALA / 811417022
Program Studi
S1 - KESEHATAN MASYARAKAT
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SYLVA FLORA NINTA TARIGAN, SH, M.Kes / 0023038203
Pembimbing 2 / NIDN
TRI SEPTIAN MAKSUM, S.KM., M.Kes / 0003099105
Abstrak
ABSTRAK
Sri Zulniawati Hala, 81417022. 2021. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pelaksanaan Rujukan Pasien Peserta JKN Di RSUD Bumi Panua Kabupaten Pohuwato. Hasil. Pembimbing I Dr. Sylva Flora Ninta Tarigan, S.H., M.Kes dan Pembimbing II Tri Septian Maksum, S.KM., M.Kes. Jurusan Kesehatan Masyarakat, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo.
Rujukan adalah pelimpahan wewenang dan tanggung jawab atas kasus atau masalah kesehatan yang diselenggarakan secara timbal balik, baik secara vertikal dalam arti dari satu strata sarana pelayanan kesehatan ke strata sarana pelayanan kesehatan lainnya. Rumusan masalah adalah apakah ada faktor-faktor yang berhubungan dengan pelaksanaan rujukan pasien peserta JKN di RSUD Bumi Panua Kabupaten Pohuwato. Tujuannya untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap petugas kesehatan, ketersediaan sarana dan prasarana dengan pelaksanaan rujukan pasien peserta JKN di RSUD Bumi Panua Kabupaten Pohuwato.
Desain penelitian ini adalah observasional analitik dengan rancangan cross sectional study. Populasi adalah seluruh masyarakat yang termasuk dalam kategori pasien JKN dan sampel dalam penelitian ini adalah 178 responden. Teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dianalisis menggunakan uji Chi Square.
Hasil penelitian menunjukkan variabel yang berhubungan dengan pelaksnaan rujukan pasien pesera JKN di RSUD Bumi Panua Kabupaten Pohuwato adalah pengetahuan (p value 0,000), variabel yang tidak berhubungan dengan pelaksanaan rujukan adalah sikap petugas kesehatan (p value 0,861), sedangkan variabel yang ada hubungan dengan pelaksanaan rujukan adalah ketersediaan sarana dan prasarana (p value 0,000).
Disarankan kepada pihak BPJS Kesehatan Kabupaten Pohuwato untuk melakukan kerjasama dengan pihak rumah sakit dalam mengadakan sosialisasi khusus tentang pemanfaatan kartu kepesertaan serta pelaksanaan rujukan dan lebih meningkatkan pelayanan kesehatan yang diberikan agar kualitas pelayanan di rumah sakit berjalan baik.
Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Sarana Prasarana, Rujukan JKN
ABSTRACT
Sri Zulniawa Hala, Student ID Number 811417022.2021. Factors Relating to Implementation of JKN (Social Health Insurance) Patients Referrals at Bumi Panua Regional Public Hospital, Pohuwato Regency. Undergraduate Thesis. The principal supervisor is Dr. Sylva Flora Ninta Tarigan, S.H., M.Kes, and the co-supervisor is Tri Septian Maksum, S.KM., M.Kes. Department of Public Health, Faculty of Sports and Health, Universitas Negeri Gorontalo.
Referral is the delegation of both authority and responsibility for health cases that are held reciprocally and vertically across different strata of healthcare facilities. The formulation of the problem is whether or not there are factors related to the implementation of the JKN patients referrals at Bumi Panua Hospital, Pohuwto Regency. This study�s aim is to determine the relationship between knowledge, attitudes of health workers, availability of facilities, and infrastructure with the implementation of JKN patient referrals at Bumi Panua Hospital, Pohuwato Regency.
The research applied an analytic observational with cross sectional study design. The populations are all JKN patients, and the sample involved 178 respondents. The sampling technique used purposive sampling. Data were collected using a questionnaire and analyzed using the Chi-Square test.
The results showed that the variable related to the implementation of JKN patients referrals at Bumi Panua Hospital, Pohuwato Regency, was knowladge (p value=0.000) and availability of facilities and infrastructure (p value=0.000). Meanwhile, the variable that was not related to the implementation of JKN patients referrals was the attitude of health workers (p value=0.861).
Therefore, it is advised that BPJS Healthcare of Pohuwato Regency work with the hospital to conduct socialization on the use of membership cards and the implementation of referrals as well as to improve further the health services offered in order to ensure the success of the hospital�s service quality.
Keywords : Knowladge, Attitude, Infrastructure, JKN Referrals
Download berkas