SKRIPSI

Penulis / NIM
HAFRIANSYAH USMAN / 811417111
Program Studi
S1 - KESEHATAN MASYARAKAT
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LINTJE BOEKOESOE, M.Kes / 0010015915
Pembimbing 2 / NIDN
MOH. RIVAI NAKOE, S.K.M., M.KL / 0026038907
Abstrak
ABSTRAK Hafriansyah Usman, 811417111. 2022. Hubungan Jarak Pandang Ke Layar Hp Dan Durasi Bermain Game Online Dengan Keluhan Kelelahan Mata Pada Siswa Di SMA Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Lintje Boekoesoe, M.Kes Dan Pembimbing II Moh. Rivai Nakoe, S.KM., M.KL Kelelahan mata merupakan ketidaknyamanan penglihatan yang meliputi nyeri atau rasa berdenyut disekitar mata, pandangan ganda, pandangan kabur, kesulitan dalam memfokuskan penglihatan, mata terasa perih, mata merah, mata berair hingga sakit kepala dan mual. Penyebab utama dari kelelahan mata ini adalah penglihatan dengan jarak yang dekat dan durasi bermain yang lama. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo yang tercatat berdasarkan data sekunder yaitu 147 orang dengan sampel sebanyak 84 responden. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji statistik Chi- Square dan Fisher Exact Test. Hasil penelitian untuk variabel jarak pandang ke layar HP dalam kategori ideal yaitu sebanyak 35 responden (41,7%) dan kategori tidak ideal yaitu sebanyak 49 responden (58,3%). Variabel durasi bermain game online dalam kategori ringan yaitu sebanyak 12 responden (14,3%), kategori sedang yaitu sebanyak 13 responden (15,5%), dan kategori berat yaitu sebanyak 59 responden (70,2%). Variabel keluhan kelelahan mata dalam kategori ada keluhan yaitu sebanyak 73 responden (86,9%) dan kategori tidak ada keluhan yaitu sebanyak 11 responden (13,1%). Simpulan penelitian ini berdasarkan perhitungan menggunakan uji statistik Chi- Square bahwa ada hubungan antara jarak pandang ke layar HP dan durasi bermain game online dengan keluhan kelelahan mata. Saran untuk siswa SMA Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo agar kiranya lebih memperhatikan dampak negatif ketika sedang bermain game online. Kata kunci : Durasi Bermain, Jarak Pandang, Keluhan Kelelahan Mata ABSTRACT Hafriansyah Usman, 811417111. 2022. The Relationship between Visibility to the Cellphone Screen and the Duration of Playing Online Games with Complaints of Eye Fatigue in Students at SMA Negeri 1 Telaga, Gorontalo Regency. The principal supervisor is Dr. Lintje Boekoesoe, M.Kes and the co-supervisor is Moh. Rivai Nakoe, S.KM., M.KL. Eye fatigue is a visual discomfort that includes pain or a throbbing around the eyes, double vision, blurred vision, difficulty focusing vision, sore eyes, red eyes, watery eyes, headaches and nausea. The main causes of eye fatigue are close-up vision and long playing duration. Furthermore, this study uses a quantitative method with a cross-sectional approach. The population are grade XII students of SMA Negeri 1 Telaga, Gorontalo Regency, who were recorded based on secondary data amounted to 147 student with a sample of 84 respondents. The research instrument uses a questionnaire. Data analysis applies Chi-Square statistical test and Fisher Exact Test. The vasibility of the cellphone screen variable in the ideal category results are 35 respondents (41.7%), and in the non-ideal category are 49 respondents (58.3%). The variable for playing online games duration in the light category includes 12 respondents (14.3%), the medium category is 13 respondents (15.5%), and the heavy category is 59 respondents (70.2%). Besides the variable of eye fatigue complaints in the category with complaints is as many as 73 respondents (86.9%), and the no complaints category is as many as 11 respondents (13.1%). This study concluded that based on calculations using the Chi-Square statistical test, there is a relationship between visibility to the cellphone screen and the duration of playing online games with complaints of eye fatigue. Suggestions for students of SMA Negeri 1 Telaga, Gorontalo Regency, are to pay more attention to the negative impacts of playing online games. Keywords : Playtime Duration, Visibility, Eye Fatigue Complaints
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011