SKRIPSI

Penulis / NIM
MOHAMAD ARYA AGUNG NOER / 811417164
Program Studi
S1 - KESEHATAN MASYARAKAT
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. IRWAN, SKM., M.Kes / 0007087205
Pembimbing 2 / NIDN
LIA AMALIA, S.KM, M.Kes / 0029117909
Abstrak
ABSTRAK Moh. Arya Agung Noer, 811417164. 2022. Analisis Perbedaan Mutu Pelayanan Kesehatan Esensial Terhadap Pasien BPJS Kesehatan Di Puskesmas Tilango Dan Praktek Dokter Pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi. Pembimbing I Dr. Irwan, S.KM, M.Kes dan Pembimbing II Lia Amalia, S.KM, M.Kes. Jurusan Kesehatan Masyarakat, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Mutu pelayanan kesehatan adalah derajat dipenuhinya kebutuhan masyarakat atau perorangan terhadap asuhan kesehatan yang sesuai dengan standar profesi yang baik dengan pemanfaatan sumber daya secara wajar, efisien, efektif dalam keterbatasan kemampuan pemerintah dan masyarakat, serta diselenggarakan secara aman dan memuaskan pelanggan sesuai dengan norma dan etika yang baik. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah ada perbedaan mutu pelayanan kesehatan esensial terhadap pasien BPJS kesehatan di puskesmas tilango dan praktek dokter pada masa pandemic Covid-19. Tujuan penelitian untuk menganalisis perbedaan mutu pelayanan kesehatan esensial terhadap pasien BPJS kesehatan di puskesmas tilango dan praktek dokter pada masa pandemic Covid-19. Jenis Penelitian adalah survey deskriptif dengan Populasi adalah peserta BPJS di Puskesmas Tilango dan Praktek Dokter pada bulan Juli sebanyak 197 responden, Instrument menggunakan kuesioner dan analisis data menggunakan Uji Independent Sampel T-test. Berdasarkan hasil uji Independent Sample T-Test terkait perbedaan mutu pelayanan kesehatan esensial di puskesmas dan di praktek dokter diperoleh nilai kehandalan sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, dan nilai ketanggapan sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka kedua - duanya H0 ditolak, sehingga disimpulkan bahwa ada perbedaan mutu pelayanan kesehatan esensial di puskesmas tilango dan praktek dokter. Saran Untuk Praktek dokter dan Puskesmas tilango agar kiranya dapat mempertahankan serta semakin meningkatnya mutu pelayanan utamanya terkait dengan kehandalan pelayanan, daya tanggap pelayanan, jaminan pelayanan, empati pelayanan serta bukti langsung pelayanan yang meliputi kecepatan petugas dalam menjalankan tugasnya kemudian untuk pasien agar lebih aktif lagi dalam menyampaikan baik itu berupa saran dan pujian atas pelayanan kesehatan yang diberikan terhadap manajemen Praktek Dokter dan Puskesmas sehingga dapat dijadikan sebagai bahan acuan dalam menentukan kebijakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan di Praktek Dokter dan di Puskesmas tilango. Kata Kunci : Mutu Pelayanan, Pasien BPJS, Covid-19 ABSTRACT Moh. Arya Agung Noer, 811417164. 2022. Analysis of Differences in Quality of Essential Health Services for BPJS Patients at Puskesmas (Public Health Center) Tilango and at the Doctor's Medical Clinic during the Covid-19 Pandemic. Undergraduate Thesis. The Principal Supervisor is Dr. lrwan, S.KM., M.Kes., and the Co-supervisor is Lia Amalia, S.KM., M.Kes. Department of Public Health, Faculty of Sports and Health, State University of Gorontalo. The quality of health services is the fulfillment degree towards the needs of the community or individuals on health care in accordance with good professional standards. This is carried out by utilizing resources fairly, efficiently, effectively within the limited capacity of the government and the community, and is carried out safely and satisfies customers in accordance with good norms and ethics. The problem statement of this study is "is there a difference in the quality of essential health services for 131).1S patients at the Puskesmas Tilango and at the Doctor's Medical Clinic during the Covid-19 pandemic. This study aims to analyze differences in the quality of essential health services for BPJS patients at the Puskesmas Tilango and at the Doctor's Medical Clinic during the Covid-19 pandemic. This is a descriptive survey study while the population is the BPJS patients at Puskesmas Tilango and at the Doctor's Medical Clinic in July with 197 respondents. The instrument uses questionnaire, and data analysis uses the Independent Sample T-test. Based on the result of the Independent Sample T-Test, the value of reliability sig. (2-tailed) is 0.000
Download berkas

ARSIP

2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011