SKRIPSI

Penulis / NIM
NUR ALVIRA BAU / 811418056
Program Studi
S1 - KESEHATAN MASYARAKAT
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LAKSMYN KADIR, S.Pd., M.Kes / 0014037503
Pembimbing 2 / NIDN
RAMLY ABUDI, S.Psi, M.Kes / 0011097205
Abstrak
Abstrak Stres adalah suatu kondisi ketegangan yang mempengaruhi emosi, proses berpikir, dan kondisi seseorang. Stres yang berat dapat membuat kemampuan beradaptasi pada remaja bersifat adaptif ataupun maladaptif dan mengancam kemampuan seseorang untuk menghadapi lingkungannya. Apabila seorang remaja mengalami kegagalan terus menerus dalam beradaptasi, maka akan ada dampak yang terjadi pada remaja tersebut. Tujuan Penelitian yaitu untuk mengetahui hubungan tingkat stres remaja dengan kemampuan beradaptasi di Asrama Pondok Pesantren Sabrun Jamil. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif bersifat Observasional Analytic dengan desain Cross Sectional. Pupulasi yaitu seluruh remaja di asrama pondok pesantren sabrun jamil sebanyak 84 remaja. sampel penelitian ini menggunakan rumus slovin dan menentukan jumlah besar sampel menggunakan Proportional stratified random sampling dengan jumlah sampel 69 remaja. Instrument penelitian menggunakan kuesioner Depression Anxiety Stres Scale (DASS 42) untuk tingkat stress dan kuesioner Individual Adaptability (I-ADAPT) untuk kemampuan beradaptasi. Data dianalisis menggunakan uji statistik chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja yang mengalami stress berat dengan kemampuan beradaptasi maladaptif sebesar 30 (54.5%) dengan uji chi-square menunjukkan bahwa ada hubungan tingkat stress remaja dengan kemampuan beradaptasi dengan nilai p-value=0,000 < 0,05 Maka dapat diambil kesimpulan secara statistik bahwa ada hubungan tingkat stres dengan kemampuan beradaptasi pada remaja di asrama pondok pesantren sabrun jamil. Disarankan bagi pihak pondok pesantren Sabrun Jamil mengadakan program bimbingan dan konseling bagi remaja untuk membantu, mengarahkan dan membimbing ketika mereka mengalami stres agar mampu menghadapi stres dan bisa beradaptasi dengan baik. Kata Kunci: Stres, Kemampuan Beradaptasi, Remaja Abstract Stress is a condition of tension affects a person's emotions, thought processes, and condition. Severe stress can make the adaptability of adolescents adaptive or maladaptive and threaten a person's ability to deal with their environment. If an adoloscent experiences continuous failure to adap, there will be an impact on the adaloscent. This research was a quantitative observational analytical research with a cross-sectional design. The population was all adolescents in the Sabrun Jamil Islamic Boarding School, totaling 84 teenagers. The sampling of this research used the Slovin formula, and the number of samples determination was conducted using proportional stratified random sampling resulting in 69 adolescents. The research instrument used a Depression Anxiety Stress Scale (DASS 42) questionnaire for stress levels and an Individual Adaptability (I-ADAPT) questionnaire for adaptability. Data were analyzed using a chi-square statistical test. The result showed that 30 (54.5%) adoloscent experienced severe stress with maladaptive adaptability with the chi-square test showed that there was a relationship between adoloscent stress levels and adaptability with a p-value = 0.000 < 0.05. Thus, it can be concluded statistically that there is a relationship between stress levels and adaptability in adoloscents in the Sabrun Jamil Islamic Boarding School dormitory. It is recommended for the Sabrun Jamil Islamic Boarding School to hold a guidance and conseling program for a adolescents to help, direct, and guide them when experiencing stress to be able to deal with stress and adapt well. Keywords: Stress, Adaptability, Adolescents
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011