SKRIPSI

Penulis / NIM
APDEWINTA NADIA LAIYA / 811418066
Program Studi
S1 - KESEHATAN MASYARAKAT
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LAKSMYN KADIR, S.Pd., M.Kes / 0014037503
Pembimbing 2 / NIDN
ZUL FIKAR AHMAD, S.Kep., M.Kes / 0001079203
Abstrak
Mayoritas pengguna game online adalah remaja, remaja dianggap lebih sering dan lebih rentan terhadap kecanduan game online daripada orang dewasa. Rumusan masalah apakah ada hubungan antara frekuensi bermain game online dengan keluhan kelelahan mata pada siswa di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan frekuensi bermain game online dengan keluhan kelelahan mata pada siswa di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik dengan metode crosss sectional. Populasi pada penelitian ini pada kelas VIII dan IX yang berada di sekolah SMP Negeri 4 Kota Gorontalo yang berjumlah 449 orang dan sampelpz pada penelitian ini adalah 156 orang diambil dengan cara purposive sampling dengan kriteria sampel siswa kelasVIII dan IX, siswa yang bermain game online >6 jam perhari, siswa yang bersedia terlibat dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar responden yang bermain game online mengalami keluhan kelelahan mata yaitu sebesar 0.51%. ditemukan bahwa ada hubungan antara frekuensi bermain game online dengan keluhan kelelahan mata pada siswa di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo dengan nilai p value= 0.000. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu staf guru untuk memberikan bimbingan pada peserta didik tentang perlunya mengatur waktu bermain game online dan menjaga mata agar proses belajar berjalan lacar. Kata Kunci : Game Online, Keluhan Kelelahan Mata Abstract Most Online gane users are teenagers, and they are considered more often and more prone to online game addiction than adults. The research problem is whether there is a relationship between the frequency of playing online games with eye fatigue complaints in students at SMP Negeri 4 of Gorontalo City. This research aims to determine the relationship between the frequency of playing online games with eye fatigue complaints in students at SMP Negeri 4 of Gorontalo City. This research is analytical research with a cross-sectional method. The population in tihis research is VIII and IX grades at SMP Negeri 4 of Gorontalo City with a total of 156 students where they are determined by purposive sampling. The sample criteria are VIII and IX grades students, students who play online games more than 6 hours per day, and students who are willing to be involved in this research. The results indicate that 0.51% of the respondents who played online games are experiencing eye fatige complaints. There is a relationship between the frequency of playing online games with eye fatigue complaints in students at SMP Negeri 4 of Gorontalo City with p-value=0.000. The results are expected to help teachers guide students to manage their time to playy online games and keep their ayes healthy to make the learning process run smoothly. Keywords: Online Games, Eye Fatigue Complaints
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011