Penulis / NIM
RINI ASTUTI ALAM RIVAI / 821308048
Program Studi
D3 - FARMASI
Pembimbing 1 / NIDN
DEWI RAHMAWATY MOO, S.Farm, M.Sc., Apt / 0009038203
Pembimbing 2 / NIDN
HAMSIDAR HASAN, S.Si, M.Si, Apt / 0025057006
Abstrak
ABSTRAK
Rini Astuti Alam Rivai, 2012. “Gambaran Pelaksanaan Peran Manejerial Apoteker dan Pemenuhan Hak Klien di Apotek Mulia Kota Gorontalo”. Apoteker memiliki peran penting dalam pelayanan kesehatan masyarakat khususnya dalam bidang obat. Namun, peran apoteker saat ini dirasakan belum berjalan sebagaimana mestinya. Apoteker dinilai belum bertindak sebagai drug informer dan belum mampu berperan sebagai filter penggunaan obat yang rasional. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara dan kuisioner. Hasil yang di peroleh di sajikan dalam bentuk tabel check list hasil Kuisioner dan juga hasil wawancara mendalam dengan apoteker kemudian di jelaskan dalam bentuk deskriptif kualitatif data dari pengumpulan data sekunder yang dianalisa dengan cara membandingkan kepustakaan yang ada dengan hasil yang didapat, kemudian dilihat apakah terdapat perbedaan kesenjangan peran apoteker dalam pemenuhan hak pasien. Informan penelitian ini sebanyak 10 orang informan biasa dan 1 orang informan kunci yang dipilih berdasarkan kesesuaian dan kecukupan. Penelitian dilakukan untuk mengetahui Gambaran Pelaksanaan Peran Manejerial Apoteker dan Pemenuhan Hak Klien di Apotek Mulia Kota Gorontalo. Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem manajerial yang diterapkan di Apotek Mulia sudah baik. Dalam memberikan pelayanan bagi pengunjung khususnya pasien yang sering membeli obat. Bentuk komunikasi dalam memberikan pelayanan haruslah dengan cepat dan tepat. Sedangkan pemenuhan hak-hak pelanggan di apotek Mulia telah sepenuhnya dilakukan.
Kata Kunci : Manajerial, hak pasien, apoteker, Apotek Mulia
Download berkas