Penulis / NIM
PRATIWI MANSUR HASAN / 821311008
Program Studi
D3 - FARMASI
Pembimbing 1 / NIDN
NUR RASDIANAH, S.Si., M.Si., Apt / 0013057504
Pembimbing 2 / NIDN
MADANIA, S.Farm., M.Sc., Apt / 0018058304
Abstrak
Pratiwi, Mansur, Hasan. 2014. 821 311 008. Tingkat Kepuasan Pasien TBC Peserta BPJS Terhadap Pelayanan Instalasi Farmasi di RSUD Toto Kabila. Karya Tulis Ilmiah, Program Studi D-III Farmasi, Jurusan Faramsi, Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan dan Keolahragaan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Ibu Nur Rasdianah.,S.Si.,M.Si, Apt dan Pembimbing II Ibu Madaniah.,S.Farm.,M.Si, Apt.
Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang alami setelah membandingkan antara presepsi kinerja atau hasil suatu produk dengan harapan-harapannya. Penelitian ini bertujuan untuk menngetahui tingkat kepuasan pasien TBC peserta BPJS terhadap pelayanan instalasi farmasi di RSUD Toto Kabila. Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskritif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional dengan menggunakan data primer dari kuesioner untuk mengukur kepuasan pasien TBC peserta BPJS terhadap pelayanan instalasi farmasi RSUD Toto Kabila. Sampel yang diambil sebanyak 29 responden menggunakan metode accidental dengan skala Likert. Hasil penelitian dengan indikator Kehandalan, diketahui bahwa kepuasan pasien terhadap pelayanan di Instalasi Faramsi RSUD Toto Kabila dengan kategori tertinggi dengan jawaban sangat puas sebanyak 53 pasien (30,46%). Indikator Ketanggapan dengan kategori tertinggi dengan jawaban Cukup Puas sebanyak 67 pasien (33,00%). Indikator Empaty dengan kategori tertinggi dengan jawaban Cukup Puas sebanyak 66 pasien (45,51%). Dan indikator Berwujud dengan kategori tertinggi dengan jawaban Tidak Puas sebanyak 64 pasien (36,75%).
Kata Kunci : Kepuasan, pasien TBC dan BPJS
Download berkas