Penulis / NIM
JANUAR TRI ANJASMORO / 821311018
Program Studi
D3 - FARMASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. WIDYSUSANTI ABDULKADIR, S.Si, M.Si.Apt / 0017127106
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. TETI SUTRIYATI TULOLI, S.Farm. M.Si. Apt / 0020028004
Abstrak
ABSTRAK
Januar Tri Anjasmoro, 2011. 821311018. Studi Kepuasan Pasien Rawat Inap Peserta BPJS Terhadap Pelayanan Resep Di Apotek G3 RSUD Prof. DR. H. Aloei Saboe Kota Gorontalo. Karya Tulis Ilmiah. Program Studi D III Farmasi. Jurusan Farmasi. Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan Keolaharagaan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Widysusanti Abdulkadir S.Si.,M,Si.,Apt dan Pembimbing II Dr. Teti S Tuloli, S.Farm., M.Si., Apt.
Kepuasan adalah tingkat keadaan yang dirasakan seseorang yang merupakan hasil dari membandingkan penampilan atau outcome produk yang dirasakan dalam hubungannya dengan harapan seseorang. Pelayanan kesehatan dapat diartikan sebagai upaya yang dilakukan untuk menolong orang lain agar terbebas dari sakit, sehingga memungkinkan keadaan yang sejahtera dari badan, jiwa agar dapat hidup dan produktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien rawat inap peserta BPJS terhadap pelayanan resep di apotek G3 RSUD Prof. Dr. H. Aloei Saboe Kota Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan kuesioner. Pengambilan sampel secara purposive sampling dengan jumlah sampel 100 pasien rawat inap. Hasil penelitian didapatkan bahwa kepuasan pasien BPJS rawat inap terhadap pelayanan resep di apotek G3 pada dimensi kehandalan menyatakan puas (48%), dimensi ketanggapan responden menyatakan puas (60%), dimensi jaminan responden menyatakan puas (82%), dimensi empati responden menyatakan kurang puas (85%), dimensi bukti fisik responden menyatakan puas (62%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa kepuasan pasien terhadap pelayanan resep di apotek G3 sudah tergolong baik dilihat dari 5 dimensi tersebut.
Kata Kunci : kepuasaan, pelayanan resep, farmasi rumah sakit.
Download berkas