Penulis / NIM
RIA ANGGRIANI DJAFAR / 821311047
Program Studi
D3 - FARMASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. WIDYSUSANTI ABDULKADIR, S.Si, M.Si.Apt / 0017127106
Pembimbing 2 / NIDN
ROBERT TUNGADI, S.Si, M.Si., Apt / 0025107607
Abstrak
ABSTRAK
Ria Anggriani Djafar. 2014. "Tingkat Kepuasan Klien Terhadap Pelayanan Resep di Apotek RSUD Otanaha Kota Gorontalo".
Kepuasan adalah puas; merasa senang; perihal (hal yang bersifat puas, kesenangan kelegaan dan sebagainya). Kepuasan dapat diartikan sebagai perasaan puas, rasa sengan dan kelegaan seseorang dikarenakan mengkonsumsi suatu produk atau jasa untuk mendapatkan pelayanan suatu jasa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan klien terhadap pelayanan resep di Apotek RSUD Otanaha Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, pengambilan dilakukan dengan menggunakan instrument berupa kuisioner. Untuk menganalisis kepuasan klien digunakan parameter lima dimensi yaitu ketanggapan (Responsiveness), merupakan kemampuan memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan cepat dan tepat. Dalam pelayanan apotek adalah kecepatan pelayanan obat dan kecepatan pelayanan kasir, kehandalan (Reliability), yaitu kemampuan memberikan pelayanan yang memuaskan pelanggan. Dalam pelayanan apotek adalah pemberian informasi obat oleh petugas apotek, jaminan (Assurance), merupakan kemampuan memberikan kepercayaan dan kebenaran atas pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. Dalam pelayanan apotek yaitu kelengkapan obat dan kemurahan harga obat, empati (Emphaty), yaitu kemampuan membina hubungan, perhatian, dan memahami kebutuhan pelanggan. Dalam pelayanan apotek adalah keramahan petugas apotek, bukti langsung (Tangibles), yaitu sarana dan fasilitas fisik yang dapat langsung dirasakan oleh pelanggan. Dalam pelayanan apotek yaitu kecukupan tempat duduk di ruang tunggu apotek, kebersihan ruang tunggu, kenyamanan ruang tunggu dengan kipas angin dan AC, serta ketersediaan televisi (TV).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan klien terhadap pelayanan resep di Apotek RSUD Otanaha Kota Gorontalo secara keseluruhan dari 20 responden yang diteliti terdapat 15 responden (75%) dengan tingkat kepuasan tinggi (sangat puas) dalam indikator bukti fisik dan 5 responden (25%) dengan tingkat kepuasan cukup puas dalam indikator daya tanggap.
Kata kunci: Kepuasan, klien, Resep, RSUD Otanaha Kota Gorontalo
Download berkas