Penulis / NIM
ISNA BILLAH YAHYA / 821315002
Program Studi
D3 - FARMASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. WIDYSUSANTI ABDULKADIR, S.Si, M.Si.Apt / 0017127106
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. TETI SUTRIYATI TULOLI, S.Farm. M.Si. Apt / 0020028004
Abstrak
ABSTRAK
ISNA BILLAH YAHYA, 2018. Gambaran Tingkat Kepatuhan Pasien Hipertensi Di Rumah Sakit dr. Zainal Umar Sidiki Kabupaten Gorontalo Utara Tahun 2018. Karya Tulis Ilmiah. Program Studi Diploma Farmasi, Jurusan Farmasi, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dr.Widysusanti Abdulkadir, S.Si,M.Si.,Apt dan Pembimbing II Dr.Teti Sutriyati Tuloli, S.Farm, M.Si., Apt
Hipertensi merupakan salah satu penyakit kronis yang tidak dapat disembuhkan, hanya dapat dikontrol dan membutukan pengobatan dalam jangka panjang bahkan seumur hidup. Untuk itu, kepatuhan pasien dalam mengkomsumsi obat merupakan hal yang penting untuk menjaga tekanan darah tetap terkontrol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kepatuhan pasien pada penyakit hipertensi di RSUD dr. Zainal Umar Sidiki tahun 2018. Jenis penelitian ini merupakan observasional deskriptif. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan teknik pengambilan sampel yaitu Accidental sampling yang dilakukan pada pasien di rumah sakit dr. Zainal Umar Sidiki Kabupaten Gorontalo Utara dari bulan Mei-Juni 2018. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument kuisioner yang dibagikan kepada pasien. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis univariat. Hasil penelitian jumlah sampel yang memenuhi kriteria sampel berjumlah 45 pasien di RSUD dr. Zainal Umar Sidiki bulan bulan Mei-Juni 2018, jenis kelamin terbanyak yaitu perempuan sebanyak 31 responden (68.9%), umur dari responden terbanyak >60 tahun dengan 23 respoden (5.1%), tingkat pendidikan responden terbanyak yaitu SD sebanyak 27 responden (60%), kebanyakan responden tidak berkerja sebanyak 37 responden (82.2%), dan lama menderita hipertensi terbanyak >5 dengan 17 responden (37.8%). Berdasarkan hasil yang diperoleh bahwa kepatuhan pasien dengan kategori baik sebanyak 11 pasien (24.4%), kepatuhan pasien kategori cukup sebanyak 20 pasien (44.4%) dan kepatuhan pasien kategori kurang sebanyak 14 pasien (31.1 %).
Kata Kunci : Tingkat Kepatuhan Pasien, Hipertensi
Download berkas