Penulis / NIM
MIFTHASARI DJOU / 821316038
Program Studi
D3 - FARMASI
Pembimbing 1 / NIDN
MADANIA, S.Farm., M.Sc., Apt / 0018058304
Pembimbing 2 / NIDN
MAHDALENA SY. PAKAYA, S.Farm., M.Si, Apt. / 0916069601
Abstrak
Mifthasari Djou. 2020. Hubungan Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Kefarmasian Dengan Kepuasan Pasien Dipuskesmas Kota Tengah. Karya Tulis Ilmiah, Program Studi DIII, Jurusan Farmasi, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Madania S.Farm., M.Sc., Apt dan Pembimbing II Mahdalena Sy Pakaya S.Farm., M.Si., Apt.
Pelayanan kefarmsian merupakan suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan maksud mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Pelayanan yang bermutu dapat dilihat, salah satunya dengan melihat kualitas pelayanan, dapat diketahui dengan cara membandingkan persepsi pasien atas pelayanan yang nyata mereka terima atau peroleh dengan kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan persepsi pasien tentang mutu pelayanan kefarmasian dengan kepuasan pasien di Puskesmas Kota Tengah dengan menggunakan kuisoner. Metode yang digunakan yaitu metode analitik dengan pendekatan cross sectional dengan data primer yang diperoleh dari hasil kuisoner sampel berjumlah 96 pasien yang diambil secara accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah persepsi responden dengan kategori rendah sebanyak 38%, sedang sebanyak 54% dan kategori tinggi sebanyak 8% dan kepuasan pasien di Puskesmas Kota Tengah sebanyak 82% puas, 17% sangat puas dan 1% kurang puas. Tedapat hubungan antara persepsi pasien tentang mutu pelayanan dan kepuasan pasien menggunakan uji Chi Square dengan program SPSS dengan niali (P < 0,1 )
Download berkas