Penulis / NIM
SALWA MAKMUR / 821316064
Program Studi
D3 - FARMASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. TETI SUTRIYATI TULOLI, S.Farm. M.Si. Apt / 0020028004
Pembimbing 2 / NIDN
NUR AIN THOMAS, S.Si, M.Si.Apt / 0031128201
Abstrak
ABSTRAK
Salwa Makmur, 2020. Evaluasi Mutu Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Kabila, Karya Tulis Ilmiah, Program Studi D3 Farmasi, Jurusan Farmasi, Fakultas Olahraga Dan Kesehatan, Pembimbing I Dr. Teti S Tuloli, M.Si., Apt. dan Pembimbing II Nur Ain Thomas, S.Si., M.Si., Apt.
Mutu pelayanan kefarmasian adalah pelayanan kefarmasian yang menunjukkan tingkat kesempurnaan pelayanan dalam menimbulkan kepuasan pasien sesuai dengan tingkat kepuasan rata-rata masyarakat. Pelayanan kefarmasian harus dilaksanakan berdasarkan standar pedoman pelayanan kefarmasian yang berlaku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pelayanan kefarmasian di Puskesmas Kabila. Penelitian ini menggunakan data primer dari hasil kuisoner yang dibagikan kepada pasien rawat jalan di Puskesmas Kabila, lalu dilakukan uji validitas data dan uji reabilitas mutu lalu dilanjutkan dengan uji karakteritik responden yang dibagi berdasarkan usia, jenis kelamin, pendidikan. Selanjutnya dilakukan analisis univariat distribusi frekuensi dari masing-masing variabel yang telah diteliti. Berdasarkan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarnasian di Puskesmas Kabila, pasien dengan presentase 62% merasa sangat puas dan pasien dengan presentase 38% merasa puas. tidak ada yang meras tidak puas sehingga dapat disimpulkan bahwa sebagian pasien merasa puas terhadap mutu pelayanan kefarmasian yang diberikan oleh petugas kefarmasian di Puskesmas Kabila.
Download berkas