Penulis / NIM
SUKMAWATI HI. DJAIM / 821318073
Program Studi
D3 - FARMASI
Pembimbing 1 / NIDN
MADANIA, S.Farm., M.Sc., Apt / 0018058304
Pembimbing 2 / NIDN
JULIYANTY AKUBA, M.Sc., Apt / 0028078905
Abstrak
Sukmawati Hi. Djaim 2021. Gambaran Kepuasaan Pasien Terhadap Pelayanan Informasi Obat Antihipertensi dan Penyakit Dalam di Puskesmas Kotobangon di kotamobagu. Karya Tulis Ilmiah, Program studi D-III Farmasi, Jurusan farmasi Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing 1 Madania, S. Farm., M.Sc., Apt dan Pembimbing II Juliyanti Akuba, S. Farm., M.Sc., Apt
Hipertensi menyerang masyarakat Indonesia berusia 18 tahun ke atas sebesar 25,8% pada tahun 2013 dan meningkat 34,1% pada tahun 208. Pelayanan informasi tentang obat hipertensi penting untuk dilakukan, tetapi realisasinya menunjukkan bahwa layanan informasi obat belum diberikan secara lengkap kepada pasien di puskesmas. Kepuasaan.Kepuasaan pasien merupakan tolak ukur dari suatu pelayanan, kepuasaan akan tercapai apabila diperoleh hasil yang optimal dengan mempertahankan kemampuan pasien dan perhatian terhadap keluhan pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang kepuasaan pasien setelah mendapatkan pelayanan terhadap pemberian informasi obat hipertensi. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan jumlah sampel sebanyak 34 orang yang memenuhi kriteria inklusi. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner yang sudah diuji validasi dan uji rehabilitasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasaan pasien hipertensi dan penyakit dalam di puskesmas kotobangon terdapat pelayanan yang termasuk dalam kategori puas sebanyak 24 orang (70,5%) dan cukup sebanyak 10 orang (29,4%)
Kata kunci: antihipertensi, informasi, kepuasaan , puskesmas
Download berkas