Penulis / NIM
JEKLIN ANTOGIA / 821410029
Program Studi
S1 - FARMASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. TETI SUTRIYATI TULOLI, S.Farm. M.Si. Apt / 0020028004
Pembimbing 2 / NIDN
MADANIA, S.Farm., M.Sc., Apt / 0018058304
Abstrak
ABSTRAK
Jeklin Antogia. 2015. Studi Penjaminan Mutu (Quality Assurance) Internal Dalam Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Toto Kabila. Skripsi. Program Studi S1 Farmasi. Fakultas Olahraga dan Kesehatan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Teti S. Tuloli, M.Si., Apt dan Pembimbing II Madania, S.Farm., M.Sc., Apt.
Dengan semakin meningkatnya tuntutan masyarakat akan mutu pelayanan kesehatan yang optimal, pelayanan rumah sakit perlu terus di tingkatkan. Pelayanan Instalasi Farmasi adalah satu-satunya unit yang bertanggung jawab penuh atas pengelolaan dan pengendalian mutu seluruh sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan lain di rumah sakit. Quality Assurance (QA) merupakan salah satu dimensi yang digunakan dalam pengukuran kualitas pelayanan, dimana penerapan QA di IFRS bertujuan untuk memberikan kepastian mutu produk dan mutu pelayanan farmasi yang diberikan kepada pasien. Penelitian ini bersifat deskriptif, sumber data primer yang diperoleh dari hasil kuesioner dengan kerangka indikator standar QA pada pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi RSUD Toto Kabila. Hasil penilaian kemudian di klasifikasikan berdasarkan kriteria sesuai, cukup sesuai dan tidak sesuai.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa jaminan mutu (quality assurance) internal dalam pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi RSUD Toto Kabila telah sesuai dengan standar quality assurance utamanya dalam aspek struktur organisasi, ukuran kualitas dan jaminan keselamatan serta distribusi obat dengan nilai keseluruhan berada pada kriteria sesuai (48%), cukup sesuai (27%), dan tidak sesuai (25%).
Kata Kunci: Quality Assurance, Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Toto Kabila
Download berkas