Penulis / NIM
SRI MARIYANA MOHA / 821412018
Program Studi
S1 - FARMASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. TETI SUTRIYATI TULOLI, S.Farm. M.Si. Apt / 0020028004
Pembimbing 2 / NIDN
MADANIA, S.Farm., M.Sc., Apt / 0018058304
Abstrak
ABSTRAK
Sri Mariyana Moha. 2017. Hubungan Pelayanan Kefarmasian Terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Tamalate Kota Timur Kota Gorontalo Tahun 2016. Skripsi, Program Studi S1, Jurusan Farmasi, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Teti S. Tuloli, M.Si., Apt dan Pembimbing II Madania, M.Sc., Apt.
Pelayanan kefarmasian merupakan salah satu pelayanan kesehatan di Indonesia yang berorientasi pada pasien dimana kepuasan pasien merupakan parameter terwujudnya pelayanan kefarmasian yang efektif. Kepuasan pasien merupakan hasil utama dari keinginan dan kebutuhan pasien yang digunakan untuk menilai kompetensi penyedia layanan kesehatan dan kualitas perawatan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan pelayanan kefarmasian terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Tamalate Kota Timur Kota Gorontalo Tahun 2016. Desain penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel berjumlah 90 yang diambil berdasarkan rumus Taro Yamane dengan teknik sampling secara accidental sampling. Analisis data dilakukan secara bertahap mencakup analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pelayanan kefarmasian terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Tamalate Kota Timur Kota Gorontalo Tahun 2016 dengan nilai =0.000 (
Download berkas