Penulis / NIM
HAIRUNNISA ALI / 821412135
Program Studi
S1 - FARMASI
Pembimbing 1 / NIDN
NUR RASDIANAH, S.Si., M.Si., Apt / 0013057504
Pembimbing 2 / NIDN
MADANIA, S.Farm., M.Sc., Apt / 0018058304
Abstrak
Harunnisa Ali. 2014. Sikap Apoteker Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1, Jurusan Farmasi, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Nur Rasdianah, S.Si., M.Si., Apt dan Pembimbing II Madania, S.Farm., M.Sc., Apt
Pelayanan kefarmasian yang menyeluruh meliputi aktivitas promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif kepada masyarakat. Untuk memperoleh manfaat terapi obat yang maksimal dan mencegah efek yang tidak diinginkan, maka diperlukan penjaminan mutu proses penggunaan obat. Sehingga peran apoteker untuk mewujudkan pelayanan kefarmasian bisa terwujud.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap apoteker terhadap pelayanan kefarmasian di apotek Gorontalo, metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total apotek yang berada di Kota Gorontalo sebanyak 61 yang memiliki apoteker penanggung jawab apotek.Dari jumlah tersebut, 7 apoteker yang memenuhi kriteria inklusi.
Hasil penelitian yang dilakukan sikap apoteker dalam hal pelayanan kefarmasian masuk dalam kategori baik, dilihat dari keterampilan dan kemampuan apoteker dalam melakukan pelayanan kefarmasian yang mencakup pelayanan resep dan konseling diapotek yang berorientasi kepada pasien. Selain itu juga sikap apoteker dalam hal mengatasi hambatan dalam mewujudkan pelayanan kefarmasian yang optimal sangat baik karena sesuai dengan peran dari apoteker dalam mewujudkan seven star plus pharmacist.
Kata Kunci : Sikap Apoteker, Pelayanan Kefarmasian
Download berkas