Penulis / NIM
ELFIRA R. HAMID / 821414007
Program Studi
S1 - FARMASI
Pembimbing 1 / NIDN
MADANIA, S.Farm., M.Sc., Apt / 0018058304
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. LINTJE BOEKOESOE, M.Kes / 0010015915
Abstrak
ABSTRAK
Elfira R. Hamid. 2018. Evaluasi Mutu Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Limboto. Skripsi. Program Studi S1. Jurusan Farmasi, Fakultas Olahraga dan Kesehatan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I MadaniaS.farm.,Msc., Apt. dan Pembimbing II Dr. Lintje Boekoesoe M.Kes
Pelayanan kefarmasian merupakan salah satu dari pelayanan Puskesmas dalam rangka menunjang pelayanan kesehatan yang bermutu. Masalah pada tingkat kepuasan, dispensing time dan prosedur tetap menjadi indikator utama dalam menjamin mutu pelayanan farmasi kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi mutu pelayanan kefarmasian di Puskesmas Limboto, dilakukan dengan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil kuisioner pada 70 orang responden dan observasi. Subjek penelitian yaitu tenaga teknis kefarmasian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tingkat kepuasan responden sangat puas 1%, puas 96% dan kurang puas 1%. Waktu dispensing time dengan jumlah lembar resep pasien yang diamati racikan 40 resep dan non racik 40 resep. Rata-rata waktu tunggu pelayanan resep obat non racik terlama yaitu 18 menit dan tercepat adalah 3 menit sedangkan untuk waktu tunggu racikan terlama yaitu 30 menit dan tercepat yaitu 10 menit yang telah memenuhi standar menurut Depkes tahun 2008 yaitu waktu tunggu untuk obat non racik 20 menit dan racikan 40 menit dan persentase tetap dari setiap dokumen prosedur dan diberlakukannya adalah 96% dengan kategori sangat baik.
Kata Kunci: Tingkat Kepuasan, Dispensing Time, Prosedur Tetap, Puskesmas
Download berkas