SKRIPSI

Penulis / NIM
ANGGY FEBRIANI NENTO / 821414014
Program Studi
S1 - FARMASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. TETI SUTRIYATI TULOLI, S.Farm. M.Si. Apt / 0020028004
Pembimbing 2 / NIDN
MADANIA, S.Farm., M.Sc., Apt / 0018058304
Abstrak
ABSTRAK Anggy Febriani Nento. 2018. Evaluasi Mutu Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Hulonthalangi Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1. Jurusan Farmasi, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dra. Rany Hiola M.Kes dan pembimbing II Madania S.Farm., M.Sc., Apt. Pelayanan kefarmasian merupakan kegiatan terpadu dengan tujuan untuk mengidentifikasi, mencegah dan menyelesaikan masalah obat ataupun masalah kesehatan. Indikator utama untuk menjamin mutu pelayanan kefarmasian yaitu kepuasan pasien, dispensing time dan prosedur tetap. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui mutu pelayanan kefarmasian di Puskesmas Hulonthalangi kota Gorontalo. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif melalui observasi, wawancara dan kusioner selama periode April-Mei 2018 dengan subjek yaitu apoteker dan sampel sebanyak 60 pasien. Hasil penelitian dianalisis secara univariat (persentase). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien 71,67% dalam kategori puas. Rata-rata dispensing time memenuhi standar resep racikan dan non racikan, yaitu 17 menit dan 8.11 menit. Prosedur tetap yang dijalankan yaitu 92,85% dan yang tidak dijalankan yaitu 7,15%. Kata kunci: Mutu, Pelayanan Kefarmasian, Kepuasan, Dispensing Time, Prosedur Tetap â ABSTRACT Anggy Febriani Nento. 2018. Evaluation of The Pharmaceutical Services Quality in Hulonthalangi Community Health Center in Gorontalo City. Undergraduate Thesis. Bachelor Program Study. Pharmaceutical Department, Faculty of Sports and Health, Gorontalo State University. Advisor I Dra. Rany Hiola M.Kes. and Advisor II Madania S.Farm, M.Sc., Apt. Pharmaceutical service is an integrated activity that aims to identify, prevent and solve the problem concerning drugs or health. The main indicators to ensure the quality of pharmaceutical services are the satisfaction, the dispensing time and the Standard Operating Procedure (SOP). This study aims to evaluate the quality of pharmaceutical services at Hulonthalangi Community Health Center in Gorontalo city. This study used descriptive method with quantitative approach through observation, interview and questionnaire during the period of April-May 2018 in which the pharmacist is as the subject and the sample used amounted to 60 patients. The results were analysed by univariate (percentage) analysis. The results show that the patients' satisfaction level is 71.67% in satisfied category; the average of dispensing time meets the standard of concoction and non-concoction prescription, ie 17 minutes and 8.11 minutes; the executed SOP(s) is 92.85% and not executed SOP(s) is 7.15%. Keywords: Quality Evaluation, Pharmaceutical Services, Satisfaction, Dispensing Time, Standard Operating Procedure (SOP)
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011