Penulis / NIM
AMALIA PRATAMA PUTRI B / 821415091
Program Studi
S1 - FARMASI
Pembimbing 1 / NIDN
MADANIA, S.Farm., M.Sc., Apt / 0018058304
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. LINTJE BOEKOESOE, M.Kes / 0010015915
Abstrak
ABSTRAK
Amalia Pratama Putri. 2019. Evaluasi Mutu Pelayanan Kefarmasian Di Tiga Puskesmas Kecamatan Popayato Grup Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1, Jurusan Farmasi, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing 1 Madania, S.Farm., M.Sc., Apt dan Pembimbing II Dr. Lintje Boekoesoe, M.Kes
Pelayanan kefarmasian merupakan salah satu pelayanan kesehatan dimana farmasi yang berperan penting. Dalam menjamin mutu pelayanan kefarmasian terdapat tiga indikator yang digunakan untuk proses evaluasinya yaitu tingkat kepuasan pasien, dimensi waktu pelayanan obat dan adanya prosedur tetap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mutu pelayanan dari tiga Puskesmas yang ada di Popayato Grup. Desain penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Sampel berjumlah 40 orang dari tiap puskesmas yang ditentukan dengan teknik accidental sampling. Analisis data dilakukan dengan melihat indikator persentase pencapaian skor responden dan jumlah waktu yang dibutuhkan untuk menyiapkan obat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien di Tiga Puskesmas Popayato Grup ialah pada Puskesmas Popayato Barat sebesar 66% puas, Puskesmas Popayato 68% puas dan Puskesmas Popayato Timur sebesar 66% puas. Dimensi waktu tunggu pelayanan resep di Tiga Puskesmas Popayato Grup telah memenuhi standar menurut Depkes tahun 2008 dimana obat non racik 20 menit dan obat racikan 40 menit serta ketiga puskesmas tersebut sudah tersedia prosedur tetap namun belum dijalankan semuanya.
Kata Kunci : Mutu Pelayanan Kefarmasian, Kepuasan Pasien, Dimensi waktu pelayanan obat, prosedur tetap
Download berkas