Penulis / NIM
ZEIN M. KAAWOAN / 821415103
Program Studi
S1 - FARMASI
Pembimbing 1 / NIDN
MADANIA, S.Farm., M.Sc., Apt / 0018058304
Pembimbing 2 / NIDN
Dr MOHAMMAD ADAM MUSTAPA, S.Si., M.Sc / 0022047702
Abstrak
Zein M Kaawoan, 821415103. 2020. Evaluasi mutu pelayanan di IFRS Tani dan Nelayan berdasarkan Standar Pelayanan Minimal Tahun 2020 Skripsi, Pembimbing I Madania, S.Farm, M.Sc., Apt Dan Pembimbing II Mohammad Adam Mustapa, S.si., M.Sc Jurusan Farmasi, Fakultas Olahraga Dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo.
Standar Pelayanan minimal (SPM) sangat berperan penting dalam meningkatkan mutu tanggung jawab maupun kinerja pelayanan dari tenaga kefarmasian dirumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mutu pelayanan di IFRS Tani dan Nelayan Kabupaten Boalemo berdasarkan standar pelayanan minimal. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif cross sectional menggunakan data primer dari kuisioner dan lembar pengumpulan data. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 sampel yang diambil menggunakan teknik accidental sampling dan 172 resep diambil menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis univariat dengan melihat indikator persentase pencapaian skor responden, jumlah waktu yang dibutuhkan untuk menyiapkan obat, persentase insiden kesalahan pemberian obat pada resep dan melihat persentase perbandingan antara jumlah seluruh obat yang tersedia dengan jumlah item obat yang diresepkan dan dibandingkan dengan standar yang telah ditetapkan oleh Kepmenkes RI. No. 129 tahun 2008. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengukuran tingkat kepuasan pasien di IFRS Tani dan Nelayan yaitu 82,5%. Dimensi rata-rata waktu tunggu pelayanan resep untuk obat non racikan terlama yaitu 7,62 menit, sedangkan untuk obat racikan yaitu 18,72 menit. Kesalahan pemberian obat yaitu 4%. Pengukuran tingkat kepatuhan penulisan resep sesuai formularium rumah sakit yaitu 94%. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah memenuhi standar pelayanan minimal yaitu waktu tunggu pelayanan obat dan kepuasan pasien
Kata Kunci : Mutu, Farmasi, Standar, Pelayanan, IFRSTN.
Download berkas