Penulis / NIM
APRIYANI BOTUTIHE / 821415114
Program Studi
S1 - FARMASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NUR RASDIANAH, S.Si., M.Si., Apt / 0013057504
Pembimbing 2 / NIDN
MADANIA, S.Farm., M.Sc., Apt / 0018058304
Abstrak
Penerapan standar pelayanan farmasi klinik di puskesmas sangatlah penting, karena merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dari pelaksanaan upaya kesehatan yang berperan penting dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan kepuasan pasien terhadap pelayanan farmasi klinik di Puskesmas Dungaliyo dan Puskesmas Tabongo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif komparatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 89 pasien. Pengujian data dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS 16.0. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian kepuasan pasien terhadap pelayanan farmasi kinik di Puskesmas Dungaliyo dengan kategori sangat puas sebanyak 47 orang (92,16%) dan kategori tidak puas sebanyak 4 orang (7,84%). Sedangkan di Puskesmas Tabongo kategori sangat puas sebanyak 16 orang (42,11%), kategori puas sebanyak 6 orang (15,79%), kategori cukup puas sebanyak 3 orang (7,89%) dan kategori tidak puas sebanyak 13 orang (34,21%). Dengan uji Mann Whitney diperoleh nilai P value sebesar 0,000 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan kepuasan pasien terhadap pelayanan farmasi klinik di Puskesmas Dungaliyo dan Puskesmas Tabongo. Saran untuk Puskesmas Dungaliyo dan Puskesmas Tabongo penelitian ini dapat dijadikan masukan dalam melakukan upaya peningkatan kualitas pelayanan farmasi klinik sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien.
Kata Kunci : pelayanan, puskesmas, farmasi klinik, kepuasan
Download berkas