Penulis / NIM
SRI YANTI PADU / 821416004
Program Studi
S1 - FARMASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. TETI SUTRIYATI TULOLI, S.Farm. M.Si. Apt / 0020028004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. NUR RASDIANAH, S.Si., M.Si., Apt / 0013057504
Abstrak
Mutu merupakan kepatuhan terhadap standar yang telah ditetapkan atau sesuai dengan persyaratan. Standar pelayanan minimal (SPM) bidang kesehatan di Rumah Sakit sangat penting karena merupakan tolak ukur kinerja pelayanan kesehatan yang di selenggarakan oleh Rumah Sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mutu pelayanan di Instalasi Farmasi RSUD Toto Kabila berdasarkan empat indikator standar pelayanan minimal farmasi yaitu waktu tunggu pelayanan obat jadi, tidak adanya kejadian kesalahan pemberian obat, kepuasan pelanggan dan penulisan resep sesuai Formularium. Penelitian ini bersifat deskriptif cross-sectional. Sampel pada penelitian sebanyak 154 pasien rawat jalan dan rawat inap untuk kategori penulisan resep sesuai formularium, 154 pasien rawat jalan untuk kategori lainnya sebagai responden.Instrumen penelitian adalah kuesioner kepuasan pelanggan dan lembar pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator waktu tunggu pelayanan obat jadi selama 9 menit 7 detik dan pelayanan obat racikan 18 menit 6 detik, tidak adanya kesalahan pemberian obat sebesar 100%, kepuasan pelanggan sebesar 86,9% dan penulisan resep sesuai Formularium sebesar 92,7%. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa Instalasi Farmasi RSUD Toto Kabila belum memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang ditetapkan.
Kata Kunci: Evaluasi, Mutu pelayanan, Pelayanan farmasi, Toto Kabila
Download berkas