Penulis / NIM
FEGITA HASANIA / 821417036
Program Studi
S1 - FARMASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NUR RASDIANAH, S.Si., M.Si., Apt / 0013057504
Pembimbing 2 / NIDN
MADANIA, S.Farm., M.Sc., Apt / 0018058304
Abstrak
ABSTRAK
Fegita Hasania, 2021. Evaluasi Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Piloloda'a dan Puskesmas Kota Barat Peraturan Menteri Kesehatan No.74 Tahun 2016. Skripsi. Jurusan S1 Farmasi, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dr.Nur Rasdiana,S.Si, M.Si,A.pt, Pembimbing II Ibu Madania, S.Farm, M.Si, Apt.
Pelayanan kefarmasian dalam realisasinya harus berpedoman pada standar pelayanan kefarmasian yang diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 74 Tahun 2016. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pelayanan farmasi klinik di Puskesmas Piloloda'a dan Puskesmas Kota Barat Kota Gorontalo berdasarkan peraturan menteri kesehatan nomor 74 tahun 2016 tentang standar pelayanan kefarmasian di Puskesmas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan survei analitik menggunakan instrumen kuesioner dan ceklist. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 151. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan standar pelayanan farmasi klinik di Puskesmas Piloloda'a dan Puskesmas Kota Barat telah sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan No.74 Tahun 2016. Di Puskesmas puskesmas Piloloda'a, didapatkan indikator kepuasan pasien dengan kategori sangat puas sebanyak 45,1 %, kategori puas sebanyak 23,9 %, dan kategori cukup puas sebanyak 31 %. Sedangkan di Puskesmas Kota Barat diperoleh kepuasan pasien dengan kategori puas sebanyak 57,5 %, kategori puas sebanyak 30 %, dan kategori cukup puas sebanyak 12,5 % sehingga dapat disimpulkan penerapan standar pelayanan farmasi klinik di Puskesmas Piloloda'a dan Puskesmas Kota Barat telah sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan No.74 Tahun 2016.
Kata Kunci : standar pelayanan farmasi, kepuasan, Puskesmas.
Download berkas