Penulis / NIM
ALBAR S. ABIDUL / 831408019
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Pembimbing 2 / NIDN
ZULKIFLI LAMUSU, S.Pd. M.Pd / 0025078304
Abstrak
ABSTRAK
ALBAR S. ABIDUL. NIM: 831 408 019. âPengaruh Metode Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Hasil Lompat Jauh Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Telagaâ. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Risna Podungge S.Pd M.Pd, Pembimbing II Julkifli Lamusu S.Pd M.Pd.
Tujuan Penelitian adalah Meneliti besarnya pengaruh metode pembelajaran Explicit Instruction terhadap kemampuan lompat jauh siswa SMP Negeri 1 Telaga.
Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen (Treatment). Populasi dalam penelitian kali ini adalah Sekolah SMP Negeri I Telaga khususnya pada siswa putra kelas VIII sebanyak 20 siswa.
Data Penelitian ini diperoleh dari Test Lompat jauh yang diambil sebelum dilakukan treatment. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t yang sebelumnya data hasil penelitian dilakukan dengan menghitung varians Sâ- (2@i), standar deviasi (S), uji Normalitas data dan Homogenitas data, Uji Perbedaan menggunakan uji Liliefors.
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan: Terdapat pengaruh Explicit Instruction terhadap peningkatan kemampuan hasil lompat jauh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga. Hasil pengujian menunjukkan bahwa t hitung= 8.98 > t table=1.729 pada tingkat kepercayaan 95%. Mengacu pada criteria pengujian yang menyatakan bahwa tolak HO jika thitung (to) > ttabel (tt). maka hal ini Ho ditolak dan Ha diterima, atau dengan kata lain terdapat peningkatan kemampuan Lompat Jauh pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga.
Kata Kunci : Explicit Instruction, Lompat jauh
Download berkas