Penulis / NIM
ARIF WIBOWO / 831408028
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Abstrak
ABSTRAK
Arif Wibowo Nim. 831 408 028 "Meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya gantung melalui metode demonstrasi pada siswa SMA Negeri 1 Tapa". Program studi pendidikan keolahragaan, fakultas ilmu-ilmu kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Dengan pembimbing I dan pembimbing II, bapak Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd, M.Pd dan ibu Risna Podungge, S.Pd M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini yaitu "Apakah penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil lompat jauh gaya gantung pada siswa SMA Negeri 1 Tapa? ".
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hasil belajar lompat jauh gaya gantung melalui metode demonstrasi pada siswa SMA Negeri 1 Tapa penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil lompat jauh gaya ganting pada siswa SMA Negeri 1 Tapa.
Metode yang digunakan peneliti kali ini adalah metode mengajar dengan cara memperagakan barang, kejadian,aturan, dan urutan-urutan melakukan suatu kegiatan, baik secara langsung maupun melalui penggunaan media pengajaran yang relevan dengan pokok bahasan atau materi yang sedang disajikan.
Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil lompat jauh gaya gantung dalam cabang olahraga atletik. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan yang signifikan dalam peneltian ini. Pada observasi awal rata-rata capaian siswa hanya mencapai nilai 58.33. Setelah diberikan tindakan lanjutan pada siklus I memperoleh peningkatan 39% sebesar menjadi 66.66. Selanjutnya diberikan tindakan pada siklus II dan mengalami peningkatan sebesar 75% menjadi 75. Hal ini memenuhi ekspektasi peneliti yang menetapkan indikator kinerja 75%. Dengan demikian maka hipotesis yang telah di ajukan yaitu"Metode Demonstrasi Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Gantung Siswa SMA Negeri 1 Tapa" dapat diterima.
Kesimpulan dari penelitian ini dapat dikemukakan bahwa melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya gantung pada cabang olahraga atletik. Dengan demiakian maka hipotesis tindakan dapat dirumuskan sebagai berikut "Jika Metode Demonstrasi digunakan dalam pembelajaran ini, maka hasil belajar Lompat Jauh Gaya Gantung Siswa SMA Negeri 1 Tapa dapat meningkat"
Kata Kunci: Metode demonstrasi, Lompat jauh gaya gantung.
Download berkas