Penulis / NIM
IKRAM RADI / 831408080
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
ABSTRAK
Ikram Radi. 2015 . Meningkatkan kemampuan menendang bola pada permainan sepak bola melalui metode drill siswa kelas VI SDN Nomor 96 Sipatana Kota Gorontalo. Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi Jurusan Pedidikan Olahraga Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ruslan, S.Pd,M.Pd, Pembimbing II Suriyadi Datau, S.Pd,M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa menendang bola pada permainan sepak bola, Hal ini disebabkan karena ketidaktepatan dalam menggunakan metode pembelajaran yang menyebabkan tidak maksimalnya pembelajaran.
Hipotesis tindakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah jika guru menggunakan metode drill, maka kemampuan siswa dalam menendang bola pada permainan sepak bola pada pelajaran penjaskes di kelas VI SDN Nomor 96 Sipatana Kota Gorontalo dapat meningkat.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menendang bola pada permainan sepak bola melalui metode drill siswa kelas VI SDN Nomor 96 Sipatana Kota Gorontalo.
Penelitian tindakan kelas ini meliputi persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, serta pengumpulan data dan analisis data. Pengambilan data dilakukan pada tahap pemantauan dan evaluasi dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan guru. Kemudian data dianalisis secara kuantitatif. Berdasarkan analisis data maka dapat diketahui terjadi peningkatan pada kemampuan menendang bola melalui metode drill pada siswa kelas VIIIA SMPN 3 Gorontalo dari observasi awal 52,11, kemudian dilanjutkan pada siklus I 70,26, hingga siklus II menjadi 82,02. Dengan demikian hipotesis tindakan yang diajukan dapat diterima.
Kata Kunci: Kemampuan menendang bola, Metode pembelajaran Drill
Download berkas