Penulis / NIM
RONGKI MAYULU / 831408151
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
HENDRO KUSWORO, S.PdKor M.Pd / 0030128103
Pembimbing 2 / NIDN
ZULKIFLI LAMUSU, S.Pd. M.Pd / 0025078304
Abstrak
ABSTRAK
Rongki Mayulu. 2012. Pengaruh Metode Pembelajaran Bagian Terhadap Hasil Belajar Roll Belakang Pada Mata Pelajaran Penjasorkes. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan Universitas Negeri Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model pendekatan pretest posttest one group design. Teknik pengumpulan data meliputi tes dan dokumentasi. Jumlah siswa yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah siswa laki-laki sebanyak 20 orang.
Berdasarkan hasil analisis data, dapat diambil suatu simpulan bahwa penerapan metode pembelajaran bagian dapat memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan siswa melakukan rol belakang baik itu roll belakang dengan awalan jongkok maupun roll belakang dengan awalan berdiri. Hal ini sesuai dengan hasil analisis data pada awalan jongkok maupun berdiri nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel. Pada awalan jongkok, nilai thitung 17,67 dan pada awalan berdiri nilai thitung 11,9 sedangkan nilai ttabel 2,95. Nilai ttabel tersebut berdasarkan pada jumlah derajat kebebasan (db) yaitu 19 dengan taraf signifikansi (?) 0,01 atau tingkat kepercayaannya 99 %.
Berdasarkan hal ini, dimana penerapan metode pembelajaran bagian dapat memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan siswa melakukan rol belakang baik itu roll belakang dengan awalan jongkok maupun roll belakang dengan awalan berdiri maka hipotesis yang berbunyi bahwa “Terdapat perbedaan antara rata-rata hasil tes awal kemampuan melakukan roll belakang sebelum menerapkan metode pembelajaran bagian dengan rata-rata hasil tes akhir sesudah penerapan metode pembelajaran bagian” teruji dapat dapat diterima.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran Bagian, Hasil Belajar, dan Roll Belakang.
Download berkas