SKRIPSI

Penulis / NIM
SUSANTI I. ANULI / 831408179
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr AISAH R POMATAHU, mkes / 0020055808
Pembimbing 2 / NIDN
ZULKIFLI LAMUSU, S.Pd. M.Pd / 0025078304
Abstrak

ABSTRAKSusanti Anuli. 2014. Meningkatkan Kemampuan Melakukan Passing Bawah Dalam Permainan Voli Mini Melalui Metode Berpasangan Pada Siswa Kelas IV SDN No.77 Kota Tengah Kota Gorontalo: (1) Dr. Hj. Aisah R. Pomatahu, Dra., M.Kes (2) Zulkifli Lamusu, S.Pd M.PdPermasalahan dalam penelitian ini apakah metode berpasangan dapat meningkatkan kemampuan passing bawah Siswa di Kelas IV SDN No.77 Kota Tengah?. Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan melakukan passing bawah dalam permainan voli mini pada siswa Kelas IV SDN No.77 Kota Tengah Kota Gorontalo dengan menerapkan metode berpasangan Hasil analisis data menunjukan ada peningkatan kemampuan siswa kelas IV dalam melakukan passing bawah  melalui metode berpasangan dari observasi awal dan siklus ke siklus. Observasi awal yaitu 100% siswa masih memiliki kemampuan melakukan passing  bawah yang rendah dengan nilai rata-rata keseluruhan 49,29. Hal ini kemudian meningkat setelah diberikan tindakan pada siklus I melalui metode bepasangan yaitu dari 28 siswa keseluruhan jumlah siswa, terdapat Siswa yang mendapatkan skor 80 sebanyak 15 orang atau 53,57%.  dengan nilai rata-rata 74,29. Pada siklus II sudah mengalami peningkatan yakni yang memperoleh nilai 75 ke atas berjumlah 28 orang dengan persentasenya 96,42% nilai rata-rata 82,14. Dengan demikian, hal ini sudah membuktikan hipotesis tindakan dalam penelitian ini yaitu jika dalam materi voli mini teknik dasar passing bawah, guru menggunakan metode berpasangan maka kemampuan  siswa di kelas IV SDN No.77 Kota Tengah Kota Gorontalo pada materi tersebut akan meningkat. Simpulan dari Penelitian ini adalah metode berpsangan sangat baik digunakan dalam pembelajaran Penjasorkes materi voli mini pada teknik passing bawah di kelas VII IV SDN No. 77 Kota Tengah Kota Gorontalo khususnya peningkatan kemampuan siswa dalam melakukan passing bawah. Adapun saran yang bisa diajukan yaitu Diharapkan kepada guru Penjasorkes agar dapat menggunakan metode berpasangan sebagai langkah efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa Kata Kunci: Kemampuan Passing Bawah dan Metode Berpasangan

Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011