Penulis / NIM
TUWENDI EKA PUTRA / 831408185
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
ZULKIFLI LAMUSU, S.Pd. M.Pd / 0025078304
Abstrak
ABSTRAK
TUWENDI EKA PUTRA. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Pola Gerak Dominan Terhadap Hasil Belajar Senam Ketangkasan Oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan, Universitas Negeri Gorontalo.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu “Apakah dengan menggunakan model pembelajaran pola gerak dominan dapat mempengaruhi hasil belajar senam ketangkasan?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran pola gerak dominan terhadap hasil belajar senam ketangkasan pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Gorontalo. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 20 orang siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan berupa one group pretest-postest design. Rancangan ini hanya meliputi satu kelompok yang diberikan tes awal, perlakuan, dan tes akhir.
Hasil penelitian yang dianalisis melalui uji t tes diperoleh nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel dimana nilai thitung sebesar 23,29 sedangkan nilai ttabel 2,86. Nilai ttabel tersebut berdasarkan pada jumlah derajat kebebasan (dk) yaitu 19 dengan taraf signifikansi (?) 1 % atau 0,01. Dengan demikian, hasil penelitian ini sesuai dengan hipotesis yang diajukan dan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran pola gerak dominan dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar senam ketangkasan siswa.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Pola Gerak Dominan, Hasil Belajar, Senam
Ketangkasan
Download berkas