Penulis / NIM
MUHTAR LASUNTE / 831408234
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Pembimbing 2 / NIDN
EDY DHARMA PUTRA DUHE, S.Pd M.Pd / 0015068103
Abstrak
ABSTRAK
MUHTAR LASUNTE/831 408 234 “Meningkatkan Kemampuan Dasar Lompat Tinggi Gaya Guling Perut Melalui Metode Drill Pada Siswa Kelas V Di SD Negeri 2 Tenggela Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo ”.
Masalah dalam penelitian pada cabang olahraga Atletik pada nomor lompat tinggi gaya guling perut di SD Negeri 2 Tenggela Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Cara pemecahannya dilakukan dengan menggunakan metode drill. Dalam metode ini guru memberikan penjelasan dan mempratikkan kemampuan dasar lompat tinggi gaya guling perut secara langsung dengan indikator-indikator yang telah ditetapkan.
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dasar lompat tinggi gaya guling perut pada siswa kelas V di SD Negeri 2 Tenggela Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Peningkatan kemampuan siswa kelas V SD Negeri 2 Tenggela Kecamatan Tilango dalam melakukan gerak dasar lompat tinggi gaya guling perut dikatakan meningkat jika persentase rata-rata jumlah siswa yang sudah mampu melakukan gerak dasar lompat tinggi gaya guling perut dapat ditingkatkan minimal 80%.
Data diambil dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan guru dan siswa, serta evaluasi terhadap materi yang diajarkan pada setiap siklus. Kemudian data dianalisis secara kuantitatif ataupun kualitatatif. Berdasarkan analisis data maka diketahui bahwa penggunaan metode drill dapat meningkatkan kemampuan dasar siswa kelas V di SD Negeri 2 Tenggela Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo dalam melakukan gerak dasar lompat tinggi gaya guling perut, dari observasi awal 57.8% menjadi 75.06% pada siklus II.
Kesimpulan yang ditarik dari hasil penelitian adalah metode drill mampunyai pengaruh positif tehadap peningkatan kemampuan dasar lomapt tinggi gaya guling perut pada cabang olahraga atletik pada siswa kelas V di SD Negeri 2 Tenggela Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Pengaruh ini dapat dilihat dari peningkatan hasil kemampuan siswa dari observasi awal 57.8%, siklus I 64.72% dan siklus akhir yaitu siklus II meningkat menjadi 75.06%.
Download berkas