Penulis / NIM
RABIA DJAFAR / 831408237
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
MARSA LIE TUMBAL, S.Pd M.Pd / 0023047603
Abstrak
ABSTRAK
Masalah dalam penelitian ini adalah “rendahnya kemampuan gerak dasar tolak peluru
dan kurang efektifnya strategi pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran. Masalah ini
akan diantisipasi dengan menggunakan strategi pembelajaran modifikasi. Tujuannya untuk
meningkatkan kemampuan gerak dasar tolak peluru. Dengan melaksanakan penelitian ini, dapat
memberikan manfaat bagi siswa, guru, dan sekolah.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Jika strategi pembelajaran modifikasi diterapkan,
maka kemampuan gerak dasar tolak peluru pada siswa kelas VB SDN 46 Kecamatan
Hulonthalangi, akan meningkat”. Indikator kinerja, yakni “Jika kemampuan gerak dasar tolak
peluru pada siswa yang dikenai tindakan telah meningkat dari 10 siswa atau sebesar 26%
menjadi 31 siswa atau sebesar 80% ke atas yang mengalami ketuntasan belajar, maka penelitian
tindakan kelas ini dinyatakan berhasil”. Subyek penelitian adalah siswa kelas VB SDN 46
Hulonthalangi yang berjumlah 39 siswa. Penelitian ini berlangsung sebanyak dua siklus, tiap
siklus dilaksanakan dalam empat tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan
evaluasi, dan refleksi.
Hasil penelitian tindakan kelas ini menujukkan adanya peningkatan kemampuan siswa
yang mencapai pada KKM. Dari jumlah siswa keseluruhan 39 siswa, sebelum dilaksanakan
tindakan yang mencapai KKM sebanyak 10 siswa atau 26% dengan daya serap klasikal 60,03.
kemudian pada siklus I yang mencapai KKM sebanyak 15 siswa atau 39% dengan daya serap
klasikal sebesar 72,95. Terakhir, pada siklus II yang mencapai KKM meningkat menjadi 34
siswa atau 87% dengan daya serap klasikal sebesar 77,82. Untuk hasil observasi kegiatan
pembelajaran mengalami peningkatan yang signifikan secara bertahap dalam pelaksanaannya
pada setiap siklus.
Kesimpulan yang dapat ditarik adalah hipotesis yang berbunyi “Jika strategi
pembelajaran modifikasi diterapkan, maka kemampuan gerak dasar tolak peluru pada siswa kelas
VB SDN 46 Kecamatan Hulonthalangi, akan meningkat” diterima. Dan indikator kinerja yang
berbunyi “Jika kemampuan gerak dasar tolak peluru pada siswa yang dikenai tindakan telah
meningkat dari 10 orang atau sebesar 26% menjadi 31 orang atau sebesar 80% ke atas yang
mengalami ketuntasan belajar, maka penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil” terpenuhi.
Kata Kunci:
Gerak dasar tolak peluru, strategi pembelajaran modifikasi
Download berkas