Penulis / NIM
RUKIAH L. PAUDI / 831408243
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Pembimbing 2 / NIDN
MIRDAYANI PAUWENI, S.Pd / 0003058402
Abstrak
ABSTRAK
RUKIAH L. PAUDI, Nim. 831408243 “Meningkatkan Kemampuan Pengoperan Tongkat Estafet Dengan Cara Non Visual Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe STAD Pada Siswa Kelas V SDN 2 Lauwonu Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo”. Skripsi bimbingan Risna Podungge, S.Pd, M.Pd dan Mirdayani Pauweni, S.Pd, M.Pd.,
Adapun yang menjadi permasalahan pada penelitian ini yaitu Apakah kemampuan dalam melakukan pengoperan tongkat estafet non visual dapat ditingkatkan melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas V SDN 2 Lauwonu Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo”.
Tujuan penelitian ini adalah: untuk meningkatkan kemampuan pengoperan tongkat estafet dengan cara non visual pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Lauwonu Kecamatan Tilango”.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan strategi pembelajaaran kooperatif tipe STAD sehingga kemampuan siswa pada pengoperan tongkat dengan cara non visual meningkat 78,76 dari jumlah siswa yang diberi tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pengoperan tongkat dengan cara non visual meningkat setelah diberi tindakan dan mencapai hasil sesuai yang diharapkan yakni rata-rata nilai 70,76 pada observasi awal, siklus I meningkat sebesar 3 % menjadi 73,76 dan pada siklus II meningkat sebesar 1 % menjadi 74,76 serta pada siklus III meningkat sebesar 4 % menjadi 78,76 dengan demikian maka penelitian dianggap selesai.
Berdasarkan penelitian ini, maka diharapkan kepada guru agar memperhatikan metode mengajarnya guna meningkatkan pemahaman siswa akan penggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD khususnya pada lari estafet dengan cara non visual.
Download berkas