SKRIPSI

Penulis / NIM
DEBYALTER / 831409018
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. HARIADI SAID, M.Si / 0016036104
Pembimbing 2 / NIDN
UCOK HASIAN REFIATER, S.Pd M.Pd / 0020117703
Abstrak
ABSTRAK Debyalter/831 409 018 : “ Meningkatkan kemampuan menggiring bola pada permainan sepak bola melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw kelas X SMK Negeri 1 Batudaa” Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan menggiring bola pada permainan sepak bola pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Batudaa. Cara pemencahannya dilakukan dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Implementasi strategi pembelajaran kooperatif jigsaw adalah dilakukan dengan cara mengajarkan salah satu teknik dasar sepak bola dengan menjelaskan dan memberikan contoh-contoh gerakan menggiring bola kepada kelompok ahli, selanjutnya kelompok ahli kembali ke kelompok asal dan kelompok ahli menjelaskan materi yang didapat pada kelompok asal. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menggiring bola pada permainan sepak bola siswa kelas X SMK Negeri 1 Batudaa melalalui strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Hipotesis tindakan yakni terjadi peningkatan kempuan menggiring bola pada permainan sepak bola melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Batudaa. Dengan indikator kinerja rata-rata terjadi peningkatan kemampuan menggiring bola pada permainan sepak bola siswa kelas X SMK Negeri 1 Batudaa, yang ditetapkan sebagai ukuran keberhasilannya rata-rata sebesar 85, maka penelitian ini tidak dilanjukan pada siklus selanjutnya karena dianggap selesai dan berhasil. Pengambilan data diambil dengan lembar pengamatan siswa, serta hasil evaluasi pada setiap siklus. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada setiap siklus maka akan diketahui peningkatan rata-rata kemampuan menggiring bola pada permainan sepak bola yakni : pada observasi awal diperoleh hasil rata-rata pada bagian menggiring bola menggunakan kaki bagian dalam sebesar 59,38 setelah diadakan tindakan berupa siklus terjadi peningkatan sebesar 7,71 menjadi 67,09 pada bagian menggiring bola menggunakan kaki bagian luar sebesar 59,12 terjadi peningkatan sebesar 7,96 menjadi 67,08 dan menggiring bola menggunakan punggung kaki sebesar 59,13 terjadi peningkatan sebesar 7,04 menjadi 66,77sedangkan pada siklus II menggiring bola menggunakan kaki bagian dalam meningkat sebesar 6,95 menjadi 74,04, pada bagian menggiring bola menggunakan kaki bagian luar meningkat sebesar 6,92 menjadi 74,00 dan pada bagian menggiring bola menggunakan punggung kaki meningkat sebesar 7,38 menjadi 74,15. Pada siklus III ini terjadi peningkatan sebesar 13,7 menjadi 87,70 pada bagian menggiring bola menggunakan kaki bagian dalam, sedangkan terjadi peningkatan pada bagian menggiring bola menggunakan kaki bagian luar meningkat sebesar 11,95 menjadi 85,95, dan pada bagian menggiring bola menggunakan punggung kaki meningkat sebesar 11,68 menjadi 85,83. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “terjadi peningkatan kemampuan menggiring bola pada permainan sepak bola melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw siswa kelas X SMK Negeri 1 Batudaa” dapat terbukti. Kata Kunci : Menggiring Bola Pada Permainan Sepak Bola, Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011