Penulis / NIM
ELOK SUSELO / 831409020
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
RUSLAN / 0017087802
Abstrak
ABSTRAK
Elok Suselo. 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ada permasalahan pada pelajaran penjaskes dalam kegiatan pembelajaran yaitu dalam melakukan chest pass. Berdasarkan studi pendahuluan bahwa siswa kelas VII SMP Negeri 1 Telaga memiliki nilai yang rendah dalam melakukan operan dada pada pelajaran Penjaskesrek. Hal tersebut diakibatkan oleh kurangnya kualitas pembelajaran, lebih spesifiknya model pembelajaran. Pendidik belum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pelaksanaan pembelajaran penjaskesrek sehingga peserta didik cenderung kurang tertarik pada kegiatan pembelajaran mengakibatkan hasil belajar rendah dan terdapat banyak siswa tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan menggunakan model penelitian tindakan kelas dari Arikunto,Suharjono dan supardi yang terdiri dari empat tahapan yang terdiri dari : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Keempat tahapan tersebut dilaksanakan dalam dua siklus penelitian, dimana setiap siklus penelitian difokuskan pada materi chest pass pada permainan bola basket. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Telaga dengan subyek penelitian kelas VII. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam melakukan chest pass pada permainan bola basket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam melakukan chest pass pada permainan bola basket. Hal ini terbukti dari perolehan hasil nilai rata-rata siswa yang semakin meningkat, dari 22 orang hasil tes pendahuluan hanya mencapai 52,51 % sedangkan yang diharapkan 75% dari seluruh siswa mencapai KKM. Pada siklus ke I hasil belajar siswa mencapai 66,28% dari seluruh siswa yang mencapai KKM. Pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 79,41%.
Kata Kunci :Keterampilan Chest Pass Dan Pembelajaran Jigsaw
Download berkas