SKRIPSI

Penulis / NIM
WAHIRI J. APE / 831409030
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. RUSKIN, M.Pd / 0031125723
Pembimbing 2 / NIDN
MIRDAYANI PAUWENI, S.Pd / 0003058402
Abstrak
ABSTRAK WAHIRI J. APE NIM. 831 409 030. 2013, meningkatkan hasil belajar keterampilan dasar dribbling melalui strategi pembelajaran demonstrasi dalam permainan bola basket pada siswa kelas XI MM SMK N 1 Gorontalo semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Skripsi Jurusan pendidikan keolahragaan Fakultas Ilmu-Ilmu kesehatan dan keolahragaan Universitas Negri Gorontalo,Pembibing I Drs. Ruskin M.Pd,Pembibing II Mirdayani S.Pd, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah siswa tidak dapan mempraktekan keterampilan dasar dribbling dengan baik dan benar. Untrategi pembelajaran demonstrasi yaitu guru menjelaskan kepada siswa kemudian memberikan contoh lalu siswa mengikutinya. Implementasi strategi pembelajaran demonstrasi dengan cara guru memberikan contoh kepada siswa dan siswa melakukan dengan berulang-ulang dengan memperhatian 3 aspek penilaian yakni dribbling ditempat , dribbling sambil berjalan dan gerakan tangan melakukan dribbling. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan gerak keterampilan dasar dribbling pada siswa kelas XI MM SMK N 1 Gorontalo. Hipotesis tindakan yakni “Jika menggunakan strategi pembelajaran demonstrasi,maka keterampilan dasar dribbling dapat meningkat” Indikator kinerja jika rata-rata terjadi peningkatan keterampilan dasar dribbling pada siswa kelas XI MM SMK N 1 Gorontalo dengan kategori nilai pencapaian yaitu 80 % dengan ketuntasan nilai yaitu 70 maka penilitian ini selesai dan dinyatakam berhasil. Berdasarkan analisis data diketahui terjadi peningkatan rata-rata kemampuan keterampilan dasar dribbling yakni: observasi awal rata-rata gerak dasar siswa dalam melakukan keterampilan dasar dribbling sebesar 63,15. Setelah diadakan tindakan siklus I terjadi peningkatan sebesar 2,06. Menjadi 65,21 dan disiklus II terjadi peningkatan sebesar 8,55 menjadi 73,76. Jadi hipotesis yang berbunyi “Jika menggunakan strategi pembelajaran demonstrasi maka keterampilan dasar dribbling dapat meningkat”dan dapat diterima. Kata kunci :keterampilan dasar Dribbling, permainan bola basket, strategi pembelajaran demonstrasi.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011