Penulis / NIM
ZULKARNAIN BUTOLO / 831409031
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Pembimbing 2 / NIDN
MIRDAYANI PAUWENI, S.Pd / 0003058402
Abstrak
ABSTRAK
Zulkarnain Butolo, 2016. Nim 83140901. Untuk Meningkatkan Keterampilan Dasar Menyundul Bola Melalui Metode Student Team-Achievement Division (STAD) Pada Permainan Sepak Bola Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Telaga, Program studi S1 pendidikan keolahragaan. Fakultas Olahraga Dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo.
Adapun permasalahan dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut. Apakah dengan menggunakan metode Student Team-Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan keterampilan dasar menyundul bola pada permainan sepak bola siswa kelas VII SMP Negeri 1 Telaga. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan dasar menyundul bola melalui metode pembelajaran Student Team-Achievement Division (STAD) yang bertujuan guna meningkatkan hasil belajar keterampilan menyundul bola yang dibelajarkan disekolah menengah pertama, sedangkan secara khusus penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dasar menyundul bola melalui metode pembelajaran Student Team-Achievement Division (STAD) pada permainan sepak bola siswa kelas VII SMP Negeri 1 Telaga.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang ada dikelas VII SMP Negeri 1 Telaga, dengan jumlah siswa 25 orang yang terdiri 10 orang putra dan 15 orang putri. Pelaksanaan penelitian ini berlangsung dalam II siklus dari masing-masing siklus diberi tindakan sebanyak tiga kali dan satu kali evaluasi, penelitian ini dikatakan selesai apabila indikator capaian siswa mencapai 75%. Dari data yang diperoleh melalui observasi awal diperoleh rata-rata 55.11% dan diberi tindakan pada siklus I meningkat sebesar 12.61% sehingga rata-rata keseluruhan yang diperoleh siswa mencapai 67.72% pada pemberian tindakan siklus I, namun capaian siswa disiklus ini belum mencapai indikator, oleh karena itu perlu diberi tindakan lanjutan yakni masuk pada siklus II, dalam siklus II ini rata-rata keseluruhan yang diperoleh siswa meningkat sebesar 9.06% sehingga mencapai 75.83% setelah evaluasi siklus II dilakukan. Berdasarkan hasil tersebut maka penelitian tindakan kelas ini telah dianggap selesai dan berhasil karena sudah mencapai indikator ketentuan penilaian ini.
Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini. Dengan adanya penelitian berlangsung di SMP Negeri 1 Telaga bahwa melalui metode pembelajaran Student Team-Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan meningkatkan keterampilan dasar menyundul bola pada siswa yang duduk dikelas VII. Dengan demikian maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah Jika guru menggunakan metode Student Team-Achievement Division (STAD), maka keterampilan dasar menyundul bola pada permainan sepak bola siswa kelas VII SMP Negeri 1 Telaga akan meningkat.
Kata Kunci : Menyundul Bola, Metode Student Team-Achievement Division (STAD)
Download berkas