Penulis / NIM
NOVALDIN HUMONGGIO / 831409042
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr AISAH R POMATAHU, mkes / 0020055808
Pembimbing 2 / NIDN
SYARIF HIDAYAT, S.Pd Kor M.Or / 0003047902
Abstrak
ABSTRAK
Humonggio, Novaldin. 2016. Meningkatkan Kemampuan Servis Atas Melalui Metode drill Pada Permainan Bolavoli Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi, Fakultas Olahraga Dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Ha. Aisah R. Pomatahu, Dra. M.Kes, dan Pembimbing II Syarif Hidayat, S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini sebagai berikut : apakah metode drill dapat meningkatkan kemampuan servis atas dalam permainan bolavoli pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Kwandang? Tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan servis atas melalui metode drill dalam permainan bolavoli pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Kwandang. Metode yang diterapkan yakni metode drill. Hipotesis penelitian ini adalah "jika metode drill diterapkan maka kemampuan dasar servis atas dalam permainan bolavoli pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara dapat ditingkatkan.
Berdasarkan data empiris yang diperoleh dari penelitian tindakan kelas, hal yang perlu diperhatikan guru yaitu menjelaskan kepada siswa tentang langkah-langkah metode drill serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan atau mempraktekkannya sendiri atau bertanya pada kelompok ahli serta mencatat materi-materi penting dalam kegiatan tersebut.
Berdasarkan hasil analisis data pada observasi, siklus I dan siklus II pemberian tindakan dalam penelitian tindakan kelas ini menunjukkan keberhasilan melalui peningkatan kemampuan siswa kelas VIIIA dalam melakukan teknik dasar servis atas, sebagai berikut : aspek (A) sikap awal pada observasi data awal rata-rata kemampuan siswa mencapai 44,64, siklus I mencapai 67,86 dan siklus II mencapai 82,14, aspek (B) Pelaksanaan gerakan pada observasi data awal rata-rata kemampuan siswa mencapai 48,21, siklus I mencapai 70,54, dan siklus II mencapai 78,57, aspek (C) sikap akhir pada observasi data awal rata-rata kemampuan siswa mencapai 33,93, siklus I mencapai 58,93, dan siklus II mencapai 80,36.
Memperhatikan peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa berarti hipotesis yang di rumuskan yaitu "metode drill siswa dalam melakukan teknik dasar servis atas dapat diterima (terbukti kebenarannya). Jadi penelitian tindakan kelas (PTK) ini dapat dikatakan telah berhasil.
Kata Kunci : Servis Atas, Permainan Bolavoli, Metode drill
Download berkas