SKRIPSI

Penulis / NIM
ERWAN FAUZI / 831409044
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. HARIADI SAID, M.Si / 0016036104
Pembimbing 2 / NIDN
RUSLAN / 0017087802
Abstrak

ABSTRAKErwan Fauzi. 2013.“Meningkatkan Kemampuan Servis Panjang Melalui Model Pembelajara Langsung Pada Permainan Bulutangkis Siswa Kelas VIII 2 SMP Negeri 10 Kota Gorontalo”.Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam melakukan servis panjang pada permainan bulutangkis, sehingga penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan gerakan servis panjang melalui model pembelajaran langsung.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 10 Kota Gorontalo pada kelas VIII2, dengan jumlah 25 siswa, yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, dan instrument yang digunakan pada penelitian ini menggunakan lembar pengamamatan kegiatan belajar siswa, adapun aspek-aspek yang dinilai pada lembar pengamatan kegiatan belajar yaitu : a) Posisi kaki kiri didepan dan kaki kanan dibelakang, b) ayunan tangan dari belakang kedepan yang disertai dengan pukulan, c) ayunan raket disertai memindahkan berat badan dari belakang kedepan secara optimal, d) segera turunkan tangan kiri kembali sesaat setelah kok terlepas dari tangan. Dari analisis data menunjukkan pada siklus I rata-rata kemampuan siswa dalam melakukan servis panjang 65,23 untuk semua aspek dari seluruh siswa yang dikenai tindakan, rata-rata ini menunjukan bahwa penelitian belum berhasil. Oleh karena itu akan dilanjutkan pada siklus II, aspek-aspek pengamatan yang belum terlaksana dengan baik akan diperbaiki pada siklus II ini. Siklus II ini menunjukkan hasil nilai dengan rata-rata 73,04 untuk masing-masing aspek. Dari hasil siklus II ini juga masih belum memenuhi indicator kinerja, sehingga akan dilanjutkan dengan siklus selanjutnya yaitu siklus III. Pada siklus III ini menunjukan hasil nilai rata-rata 86,28 dari semua aspek.Dengan demikian model pembelajaran langsung dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan servis panjang dalam permainan bulutangkis.Kata kunci: Model Pembelajaran Langsung, Kemampuan Servis Panjang, Permainan Bulutangkis.

Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011