SKRIPSI

Penulis / NIM
SAPRIN MUSA / 831409047
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. HARIADI SAID, M.Si / 0016036104
Pembimbing 2 / NIDN
HENDRO KUSWORO, S.PdKor M.Pd / 0030128103
Abstrak
ABSTRAK Saprin Musa 2013 Meningkatkan Kemampuan dasar Menahan Bola Melalui Metode berpasangan Pada Siswa Kelas VIII MTs Nurul Yaqin Kota Gorontalo Skripsi. Jurusan Penjaskes Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan dan Keolahragaan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Prof DR H Hariadi Said MS 2 Hendro Kusworo SPdKor MPd Permasalahan dalam penelitian ini apakah penerapan metode berpasangan dapat meningkatkan kemampuan dasar menahan bola pada siswa Kelas VIII MTs Nurul Yaqin Kota Gorontalo?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan meningkatkan kemampuan dasar menahan bola melalui metode berpasangan pada siswa Kelas VIII MTs Nurul Yaqin Kota Gorontalo dengan menerapkan metode berpasangan Hasil analisis data menunjukan ada peningkatan kemampuan dasar siswa Kelas VIII MTs Nurul Yaqin Kota Gorontalo dalam menahan bola melalui metode berpasangan dari observasi awal dan siklus ke siklus Pada Observasi awal yaitu dari 5 aspek yang dinilai 1 menahan dengan telapak kaki 2 menahan dengan punggung kaki 3 menahan dengan paha 4 menahan dengan dada 5 Menahan dengan kepala kemampuan siswa menguasai setiap aspek tersebut hanya 61% Hal ini kemudian meningkat setelah diberikan tindakan pada siklus I melalui metode berpasangan yaitu dari 5 aspek yang dinilai pada 20 orang siswa, kemampuan mereka dalam menahan bola sekitar 6720% Pada siklus II sudah mengalami peningkatan yakni kemampuan siswa dalam menahan bola sudah mencapai 7682% dengan 5 aspek penilaian. Dengan demikian, hal ini sudah membuktikan hipotesis tindakan dalam penelitian ini yaitu jika dalam pembelajaran Penjasorkes tentang konsep kemampuan dasar menahan bola guru menerapkan metode berpasangan, maka keterampilan siswa kelas VIII MTs Nurul Yaqin Kecamatan Kota Utara Kota Gorontalo akan meningkat Simpulan dari Penelitian ini adalah penggunaan metode berpasangan sangat membantu guru dalam meningkatkan kemampuan siswa menahan bola kelas VIII MTs Nurul Yaqin Kecamatan Kota Utara Kota Gorontalo Adapun salah satu saran yang bisa diajukan yaitu Diharapkan kepada guru Penjasorkes agar dapat menggunakan metode berpasangan sebagai langkah efektif dalam meningkatkan berbagai kemampuan siswa Kata Kunci Kemampuan dasar Menahan Bola dan Metode Berpasangan
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011