Penulis / NIM
ARDIANSYAH PANU / 831409053
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
MIRDAYANI PAUWENI, S.Pd / 0003058402
Abstrak
ABSTRAK
ARDIANSYAH PANU, 831409053. Meningkatkan Hasil Belajar Lay-Up Shoot Pada Permainan Basket Melalui Pembelajaran Modifikasi di SMA 2 Gorontalo.
Masalah yang di temui pada waktu observasi yaitu kenyataannya Namun kenyataannya siswa belum mampu melakukan lay-up shoot dengan baik dan benar, seharusanya siswa bisa melakukan lay-up shoot dengan baik dan benar, hal ini ditandai dengan rendahnya kemampuan siswa dalam menguasai cara lay-up shoot karna strategi atau metode yang kurang tepat, salah satu cara yang tepat adalah menggunakan strategi yang sesuai dengan materi yang di ajarankan. Strategi yang pas untuk pembelajaran yaitu melalui pembelajaran modifkasi, karena dengan pembelajaran modifikasi dalampem belajaran materi bola basket, siswa dapat melakuan lay-up shoot dengan baik dan benar.Tujuan: untuk meningkatkan hasil belajarlay-up shoot pada materi bola basket melalui pembelajaran modifikasi. hipotesis tindakan sebagai berikut: “jika di terapkan pembelajaran modifikasi dalam pembelajaran lay-up shoot pada permainan basket, maka hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 Gorontalo akan meningkat” dan indikator kinerja, jika keterampian siswa dalam melakukan lay-up shootmencapai 75% ke atas dengan indikator capaian rata-rata (75-89 kategori baik) maka penelitian selesai.Yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas X3 SMA Negeri 2 Gorontalo, dengan jumlah siswa 27 orang yang terdiri dari 11 orang putra dan 16 orang putri yang berasal dari latar belakang ekonomi yang berbeda-beda. . Terlihat dari observasi awal, banyak siswa yang belum mampu melakukan lay-up shoot, yang termasuk pada klasifikasi “sangat baik” dan sangat kurang” tidak terdapat seorang siswa. Kemudian, pada klasifikasi “baik” terdapat 12 orang atau 44,44% sedangkan pada klasifikasi cukup terdapat 13 orang atau 48,15%, dan 2 orang atau 7,41% tergolong “kurang”. Setelah dilanjutkan pada siklus I sudah beberapa siswa yang telah memperlihatka peningkatan dan diperoleh klasifikasi sebagai berikut. Pada klasifikasi “ sangat baik” telah mencapai sebanyak 1 orang atau 3,71% dan pada klasifikasi “baik” telah mencapai 18 orang atau 66,67%, namun masih ada 8 orang atau 29,62% yang masuk kategori cukup. Selanjutnyapada siklus II telah meningkat lagi bahkan sudah 3 orang atau 11,11%, pada klsifikasi “baik” 19 orang atau 70,37%, dan 5 orang lainnya atau 18,52% termasuk klasifikasi “cukup”.
Kata Kunci: Hasil Belajar Lay-Up Shoot Pada Permainan Basket Melalui Pembelajaran Modifikasi.
Download berkas