SKRIPSI

Penulis / NIM
SUPADLIANTO MOKOAGOW / 831409055
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr AISAH R POMATAHU, mkes / 0020055808
Pembimbing 2 / NIDN
MARSA LIE TUMBAL, S.Pd M.Pd / 0023047603
Abstrak
ABSTARK SUPADLIANTO MOKOAGOW. 2014. Meningkatkan Keterampilan Roll Depan Melalui Metode Latihan Drill Pada Siswa Kelas VIII.3 SMP Negeri 1 Tapa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Jurusan Pendidikan Keolahragaan, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dr. Ha. Aisah R. Pomatahu, Dra., M.Kes dan Pembimbing II. Marsa Lie Tumbal, S.Pd., M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah : Rendahnya keterampilan siswa kelas VIII.3 SMP Negeri 1 Tapa pada saat melakukan gerakan roll depan sehingga proses kegiatan belajar mengajar tidak begitu optimal. Masalah ini dikarenakan siswa tidak menguasai teknik dasar roll depan, sebagian siswa takut melakukan gerakan roll depan, dan guru belum menemukan metode pembelajaran yang tepat. Untuk mengatasi masalah belajar yang dihadapi siswa diatas, maka peneliti menggunakan metode latihan drill dimana metode ini bertujuan untuk memberikan latihan secara berulang-ulang mengenai apa yang telah diajarkan guru sehinggah siswa memperoleh ketangkasan atau keterampilan terhadap apa yang telah dipelajari. Penelitian Tindakan Kelas ini berlangsung kurang lebih dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan termasuk evaluasi. Pada kegiatan observasi awal diperoleh rata-rata nilai sebesar (69,13%), dari jumlah ini dapat dilihat bahwa siswa masih kurang terampil melakukan gerakan roll depan dan nilai yang diperoleh masih jauh dari indikator kinerja yang ditentukan yaitu (80%). Masuk pada siklus I setelah melalui tindakan sebanyak tiga kali dan pemberian evaluasi pada akhir kegiatan belajar mengajar, diperoleh rata-rata nilai sebesar (77,82%) dan mengalami peningkatan sebesar (8,69%) dari hasil yang diperoleh pada observasi awal. Setelah peneliti melakukan analisis dan refleksi pembelajaran, ternyata hasil yang diperoleh pada siklus I masih kurang maka penelitian ini dilanjutkan pada siklus II melalui pemberian tindakan sebanyak tiga kali dan evaluas pada kegiatan akhir pembelajaran. Dari hasil evaluasi siklus II diperoleh rata-rata nilai sebesar (80,43%) dan mengalami peningkatan sebesar (2,61%) dari hasil capaian pada evaluasi siklus I. Dari hasil yang diperoleh pada siklus II sebesar (80,43%) menunjukan bahwa keterampilan roll depan siswa melalui tetode latihan drill meningkat setelah hasil yang diperoleh melewati indikator kinerja yang ditentukan sebesar (80%) maka penelitian ini dinyatakan selesai. Kata Kunci : Pendidkan Jasmani, Roll Depan, Metode Latihan Drill, Senam Lantai.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011