Penulis / NIM
JAJANG LUKMANUL HAKIM / 831409068
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Abstrak
ABSTRAK
Lukmanul, Jajang. 2016. "Meningkatkan Keterampilan Dasar Bounce Pass Dalam Permainan Bolabasket Melalui Metode Role Playing Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kabila. Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, Jurusan Pendidikan Keolahragaan, Fakultas Olahraga Dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo.
Permasalahan dalam penelitian ini yakni sebagai berikut : "apakah metode role playing dapat meningkatkan keterampilan dasar bounce pass dalam permainan bolabasket pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kabila? Tujuannya untuk meningkatkan keterampilan dasar bounce pass melalui metode role playing dalam permainan bolabasket pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kabila. Metode yang digunakan yakni metode role playing.
Berdasarkan data empiris yang diperoleh dari penelitian tindakan kelas, hal yang perlu diperhatikan guru yaitu menjelaskan kepada siswa tentang langkah-langkah metode role playing serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan atau mempraktekkannya sendiri atau bertanya pada kelompok ahli serta mencatat materi-materi penting dalam kegiatan tersebut. Berdasarkan hasil analisis data pada observasi, siklus I dan siklus II pemberian tindakan dalam penelitian tindakan kelas ini menunjukkan keberhasilan melalui peningkatan kemampuan siswa kelas X dalam melakukan keterampilan dasar bounce pass. Pada observasi awal, dari 22 orang siswa, 6 orang siswa (27,27%) yang memperoleh nilai rata-rata 47,17 atau dalam kategori kurang dan 16 orang siswa (72,73%) yang memperoleh nilai rata-rata 40,25 atau dalam kategori kurang sekali, sedangkan nilai rata-rata klasikal 42,14 Pada siklus I, dari 22 orang siswa, 6 orang siswa (27,27%) yang memperoleh nilai rata-rata 47,17 atau dalam kategori kurang dan 16 orang siswa (72,73%) yang memperoleh nilai rata-rata 40,25 atau dalam kategori kurang sekali, sedangkan nilai rata-rata klasikal 42,14. Dan pada siklus II, dari 22 orang siswa, 6 orang siswa (27,27%) yang memperoleh nilai rata-rata 47,17 atau dalam kategori kurang dan 16 orang siswa (72,73%) yang memperoleh nilai rata-rata 40,25 atau dalam kategori kurang sekali, sedangkan nilai rata-rata klasikal 42,14.
Memperhatikan peningkatan keterampilan dasar yang diperoleh siswa berarti hipotesis yang di rumuskan yaitu "metode role playing siswa dalam melakukan keterampilan dasar bounce pass dalam permainan bola basketdapat diterima (terbukti kebenarannya). Jadi penelitian tindakan kelas (PTK) ini dapat dikatakan telah berhasil.
Kata Kunci: Permainan Bolabasket, Bounce Pass, Metode Role Playing
Download berkas