Penulis / NIM
HUSAIN PAKAYA / 831409069
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
ZULKIFLI LAMUSU, S.Pd. M.Pd / 0025078304
Abstrak
ABSTRAK
Husain Pakaya, NIM. 831409 069, Skripsi 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Servis Atas Pada Permainan Sepak Takraw Melalui Metode Bagian Dikelas X SMK N 4 Kota Gorontalo (Pembimbing I Drs Ahmad Lamusu, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Zulkifli Lamusu, S.Pd, M.Pd).
Adapun permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah dengan penerapan metode bagian dapat meningkatkan hasil belajar servis atas pada permainan sepak takraw di kelas X SMK N 4 Kota Gorontalo ?. Tujuan penelitian iniadalah untuk meningkatkan hasil belajar servis atas pada permainan sepak takraw melalui metode bagian pada siswa kelas X SMK Negeri 4 Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode bagian. Subjek dalam penelitian yaitu siswa kelas X SMK Negeri 4 Kota Gorontalo yang berjumlah 20 siswa. penelitian tindakan kelas ini dilakukan selama dua siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa dalam melakukan servis atas pada observasi awal memperoleh nilai rata-rata 59,06%. Kemudian pada siklus I kemampuan siswa meningkat mencapai rata-rata 70,4%. Namun hasil yang didapatkan dari siklus I belum mencapai indikator kinerja, sehingga peneliti melanjutkan penelitian pada siklus II. Hasil yang dicapai pada siklus II meningkat mencapai nilai rata-rata 83,58%.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode bagian hasil belajar siswa dalam melakukan servis atas pada permainan sepak takraw siswa kelas X SMK Negeri 4 Kota Gorontalo telah meningkat.
Kata Kunci :Hasil Belajar, Servis Atas, Metode Bagian
Download berkas