Penulis / NIM
ASHARI BAHSOAN / 831409095
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RANY HIOLA, M.Kes / 0013095302
Pembimbing 2 / NIDN
RUSLAN / 0017087802
Abstrak
ABSTRAK
ASHARI BAHSOAN. 831 409 095 Judul Skripsi ” Meningkatkan kemampuan menggiring bola pada permainan sepak bola melalui strategi pembelajaran modifikasi pada siswa kelas VIII5 SMP Negeri 1 Tapa Kabupaten Gorontalo. Jurusan Pendidikan Keolahragaan, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Dan Keolahragaan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (1) Dra. Hj. Rany Hiola M.kes Pembimbing (2) Ruslan, S.Pd,M.Pd
Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan penerapan meningkatkan kemampuan menggiring bola pada permainan sepak bola melalui strategi pembelajaran modifikasi pada siswa kelas VIII5 SMP Negeri 1 Tapa Kabupaten Gorontalo?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menggiring bola pada permainan sepak bola di kelas VIII5 SMP Negeri 1 Tapa Kabupaten Gorontalo Melalui strategi pembelajaran modifikasi. Metode penelitian yang di gunakan adalah penelitian tindakan kelas ( PTK ) yang di laksanakan di SMP Negeri 1 Tapa Tahun pelajaran 2013-2014 pada siswa kelas VIII5 yang berjumlah 20 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama dua kali tindakan (siklus). Setiap tindakan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tehnik pengumpulan data melalui tes unjuk kerja kemampuan menggiring bola pada permainan sepak bola.
Hasil Penelitian menunjukan peningkatan kemampuan menggiring bola pada permainan sepak bola melalui strategi pembelajaran modifikasi pada siswa kelas VIII5 SMP Negeri 1 Tapa. Peningkatan kemampuan menggiring bola pada permainan sepak bola ditunjukan dengan perolehan ketuntasan belajar secara individu 75,35 pada siklus II dan 70,95 pada siklus I dengan peningkatan secara klasikal 65%. Ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 75,35% pada siklus II dan 70,95% pada siklus I dengan peningkatan 4,4 dengan demikian, hipotesis yang mengatakan bahwa Apakah dengan penerapan meningkatkan kemampuan menggiring bola pada permainan sepak bola melalui strategi pembelajaran modifikasi pada siswa kelas VIII5 SMP Negeri 1 Tapa Kabupaten Gorontalo meningkat diterima dan terbukti kebenarannya.
Kata Kunci : Kemampuan, Modifikasi, Menggiring Bola, Permainan Sepak Bola.
Download berkas