Penulis / NIM
RUSLAN S. ALIJUANA / 831409100
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. HARIADI SAID, M.Si / 0016036104
Pembimbing 2 / NIDN
RUSLAN / 0017087802
Abstrak
ABSTRAK
Ruslan S. Alijuana, 831 409 100. Pengaruh Strategi Pembelajaran Modeling Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Dasar Permaian Sepak Bola Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Hariadi Said, MS, Pembimbing II Ruslan, S.Pd, M.Pd. 2015
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh strategi pembelajaran modeling terhadap hasil belajar keterampilan dasar permaian sepak bola pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gorontalo?. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengukur pengaruh strategi pembelajaran modeling terhadap hasil belajar keterampilan dasar permaian sepak bola pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gorontalo. Hasil penelitian ini bermanfaat sebagai bahan masukan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani dan olahraga khususnya materi sepak bola.
Hipotesis penelitian yang digunakan yaitu terdapat pengaruh strategi pembelajaran modeling terhadap hasil belajar keterampilan dasar permaian sepak bola pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gorontalo.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 1 Gorontalo yang berjumlah 358 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Cluster Simple Random Sampling, dimana jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 35 siswa. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini meliputi 2 variabel yaitu : variabel bebas adalah strategi pembelajaran modeling dan variabel terikat adalah hasil belajar keterampilan dasar permainan sepak bola. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode eksperimen.
Dari hasil perhitungan statistik diperoleh harga thitung sebesar 24,7386. Sedangkan harga tdaftar dengan = 0,05 dengan dk = n-1 (35-1 = 34) sebesar 1,6909. Dengan demikian dapat diketahui bahwa harga thitung lebih besar dari pada tdaftar atau thitung berada di luar daerah penerimaan H0, sehingga dapat dinyatakan bahwa hopotesis penelitian yang berbunyi "terdapat pengaruh model pembelajaran medeling terhadap hasil belajar keterampilan dasar permainan sepak bola pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gorontalo" dapat diterima.
Kata Kunci : Sepak Bola, Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran Modeling
Download berkas