SKRIPSI

Penulis / NIM
HARIS D. HARUN / 831409101
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. NURHAYATI LIPUTO, M.Pd / 0002095703
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
ABSTRAK HARIS D. HARUN / 831409101 “ Meningkatkan Teknik Dasar Servis Forehand Permainan Tenis Meja Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Jurusan Pendidikan Keolahragaan, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra Hj. Nurhayati Liputo, M.Pd dan Pembimbing II, Suriyadi Datau, S.Pd, M.Pd Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya teknik dasar servis forehand permainan tenis meja siswa Permasalahan tersebut dipecahkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan teknik dasar servis forehand pada siswa kelas VII b SMP Negeri 3 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. diupayakan peningkatannya mencapai 85 % . dari jumlah siswa yang diteliti atau perolehan nilai rata-rata 75 (ketegori “baik”). Pemantauan dan evaluasi dilaksanakan sesuai prosedur pada model pembelajaran tipe team games tournament melalui pertandingan akademik dengan pemberian tes unjuk kerja pada siswa, yang dilakukan setiap akhir siklus menggunakan alat pengumpul data berupa lembar penilaian individu untuk mengukur peningkatan teknik dasar servis forehand permainan tenis meja siswa. Dari analisis data yang diperoleh, diketahui peningkatan teknik dasar servis forehand siswa yaitu : pada observasi awal secara klasikal nilai rata-rata 49,74 meningkat pada siklus I dengan nilai rata-rata 60,42. peningkatanya sebesar 10,68, lalu pada siklus II meningkat menjadi 76,04 peningkatannya sebesar 15,62. Persentase peningkatan 93,75 % dari 16 orang siswa yang menjadi obyek penelitian. Dengan demikian penelitian dinyatakan selesai karena telah mencapai target bahkan melampaui indikator kinerja. Berarti hipotesis yang diajukan telah terbukti dan dapat diterima. Kata Kunci : Teknik Dasar Servis Forehand dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe, Team Games Tournament (TGT).
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011